Ketika “Facebook” Mengundang Masalah


(Sumber: http: cdn.ridwanaz.com)

Kalau saya temukan  mahasiswa yang ketakketok facebook-an di belakang, langsung saya tangkap dia”. Ujar Dr. Herkulana M. Pd.

Kamis, (10/01). Matahari masih tepat lurus diatas kepala, sehingga panasnya sangat menyengat kulit.Waktu istirahat pun telah tiba. Tampak beberapa petugas yang memakai seragam batik sedang beristirahat dan ada pula yang sedang menjalankan kewajibannya saat solat Asar tiba. Tidak  sepi kampus Orange  atau yang lebih dikenal dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu  Pendidikan (FKIP), Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak. saat itu. Melainkan diramaikan oleh para Mahasiswa atau para petugas kampus dengan tujuannya masing-masing.

Dr. Herkulana, M. Pd, sedang duduk santai di kursi kerjanya di ruang Pembantu Dekan II (Pudek II). Beliau adalah pembantu dekan II (Pudek II) dan beliau  sangat antusias saat saya temui untuk  wawancara perihal fasilitas hotspot kampus Orange yang memblokir layanan facebook untuk mahasiswanya.

“Mahasiswa tidak menyadari fungsi dari hotspot sebagai sarana mencari materi kuliah,” ujar Herkulana

Menurut Herkulana. Banyak jam-jam kuliah digunakan mahasiswa untuk facebook dan itu sangatlah menggangu proses perkuliahan. Sehingga situs facebook di blokir dari layanan hotspot FKIP tanpa memblokir situs-situs lainnya. Namun, situs tersebut dibuka saat jam-jam istirahat antara pukul 12.00 sampai pukul 13.00 dan di malam hari antara pukul 22.00 sampai pukul 07.00 pagi. Mahasiswa juga tidak menyadari fungsi dari facebook sebagai fasilitas untuk mencari materi kuliah. “ Kalau saya temukan  mahasiswa yang ketak-ketok facebook-an di belakang, langsung saya tangkap dia,” ujar Herkulana.

“ Sangat bagus facebook di FKIP ini diblokir,” tambah Eko satu diantara masyarakat yang sedang menggunakan hotspot di FKIP.

Menurut Eko, sangat bagus kebijakan yang diambil oleh FKIP. Dengan diblokirnya situs facebook ini, mahasiswa akan lebih kosentrasi mengikuti perkuliahan dan tidak membuang waktu untuk facebook-an, lebih banyak waktu untuk belajar.

“Hotspot di sini pun Lemot” tambah Herkulana.

Menurut Herkulana “ Dalam jam-jam sibuk, dengan benwit kecil dari Puskom, hotspot di Fkip pun Lemot. Meskipun server di FKIP baik, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 6000, jatah 6 Mb itu tidaklah cukup belum lagi dibagi rata dengan dua  kampus yang ada di Supadio dan Kota Baru masing-masing 2 Mb. Sedangkan  dikampus pusat ini mahasiswanya paling banyak.

“Kemarin saya di perintahkan untuk memblokir situs facebook oleh PD I,” kata Rija pengurus bagian IT (Ilmu Teknologi) di FKIP Untan.

Menurut Rija, kemarin Dr. H. Martono M. Pd., Pembantu Dekan I (PD I) telah melihat satu diantara mahasiswa FKIP yang sedang membuka Akun facebook-nya sendiri saat mata kuliah berlangsung. Dan akhirnya beliau memerintahkan  untuk memblokir situs facebook pada layanan hotspot di FKIP.

“ Kebijakan ini tidak adil. Kita ini kuliah bukan SMA, SMP, atau SD, “ kata satu diantara mahasiswa FKIP yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurutnya, kebijakan ini tidak adil. Seperti yang kita tahu fungsi facebook sangatlah besar yakni sebagai fungsi sosial dari mahasiswa. Jika situs facebook di blokir pada saat jam kuliah dan dibuka saat jam istirahat, maka bagi  mahasiswa yang jadwalnya tidak tetap itu adalah suatu ketidak adilan. Lain halnya dengan di SMA, SMP atau SD yang jadwalnya tertata rapi.

Facebook merupakan fasilitas mahasiswa untuk hidup bersosial dan setiap manusia adalah mahluk sosial. Apakah mahasiswa dilarang bersosial. [Mariyadi]

 

Previous Belajar Kimia lewat Acara “Pekim”
Next Mengharumkan Kal-Bar Lewat Judo

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *