Rekruitment Anggota Baru LPM Untan, Regenerasi Wartawan Kampus


Diskusi peserta, anggota dan pengurus dengan Ketua Umum pertama LPM Untan

 

Siang itu pukul 15.00 WIB matahari masih terik menyinari bangunan tua yang terletak di tepi jalan Daya Nasional. Hal itu menjadi saksi awal perekrutan anggota baru Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Tanjungpura. Kegiatan ini merupakan sesi ke-3 yang dilakukan LPM Untan periode 2012-2013.

Tampak banyak kendaraan roda dua terbaris rapi menandakan betapa ramainya anggota yang berkumpul, mulai dari panitia maupun peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD).Kegiatan ini dimulai sejak jum’at (15/3) dan berakhir pada minggu (17/3) yang diikuti oleh 12 peserta.

“Diadakannya perekrutan anggota ini untuk mencari bibit-bibit baru yang ingin belajar jurnalistik”, ungkap Wisda, Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).

“Perekrutan ini dilakukan untuk regenerasi dan juga akan menularkan ilmu jurnalistik yang berguna di Kampus, di masyarakat dan persiapan telah kami lakukan dengan cukup baik. Semua memiliki bakat dalam jurnalistik tinggal dipoles sedikit”, ungkap Sam’an, ketua panitia PJTD.

Kegiatan ini disambut antusias, peserta sangat serius dalam menyimak materi yang di sampaikan oleh pemateri mulai dari dasar tata cara penulisan berita, pelatihan vokal hingga tentang radio komunitas  dan unsur-unsurnya. “Saya mengikuti kegiatan ini bukan hanya suka-suka tetapi untuk memiliki skill atau keahlian dalam bidang  jurnalistik dan ketika terjun kemasyarakat tentunya tidak akan memiliki kesulitan mencari pekerjaan, minimal wartawanlah. Tapi, waktu yang diberikan dalam penyampaian materi terbatas, sehingga pengulasannya menjadi cepat dan pemahaman peserta tidak terlalu optimal”, ungkap Dodoy, salah satu peserta PJTD.

Menurut Dodoy, sangat jelas LPM Untan ini mewariskan ilmu jurnalistik ke mahasiswa yang berminat dalam bidang jurnalistik meskipun dikejar dengan waktu yang relatif singkat, mahasiswa ini dituntut untuk memperdalam ilmunya dengan berdiskusi dengan anggota lain dilain waktu. [Endar]

Previous UU Perguruan Tinggi No. 12 Tahun 2012 “Neo Kapitalisme dan Liberalisme Dalam Pendidikan di Indonesia Yang Mengakar Dalam Konstitusi .”
Next Semangat si Pembersih Taman

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *