Rustamdji : Jalan Untan Tanah Dasarnya Gambut


Oleh Gusti, Endar dan Mursidin

Kondisi jalan yang bergelombang dan sering rusak di lingkungan kampus Universitas Tanjungpura disebabkan beberapa faktor salah satunya tanah dasarnya. Pembantu Dekan 1 Fakultas Teknik Untan dan juga ahli sipil, Rustamdji mengungkapkan kondisi jalan yang bergelombang dan tidak rata di Untan itu disebabkan oleh tanah dasarnya yang berasal dari tanah gambut.

“Karena kebetulan sekali di lingkungan Universitas Tanjungpura ini cukup banyak yang tanah dasarnya itu berasal dari gambut ”ungkap Rustamadji.

Menurutnya gambut itu bukan mineral tetapi gambut adalah organik meter yaitu tersusun dari bahan-bahan organik sehingga dari segi teknis tidak mempunyai daya dukung tanah yang baik.maka apabila kontruksi jalan terletak di atas gambut maka akan di hadapkan dengan problem-problem, daya dukung dan penurunan tanah.

“Tanah yang bergelombang dan tidak rata di Untan merupakan fenomena penurunan tanah yang tidak seragam dan untuk mengatasi struktur dan kontruksi jalan ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit,” tambahnya.

 

 

 

Previous Pramuka Untan : Acara Tanjungpura’s Scoutmentship Camp 2013 se-Kalbar Tanpa Bantuan dari Pemerintah dan Universitas
Next Kilas Sejarah Dari Tapal Batas Penumpasan PGRS/Paraku

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *