Untan akan Terima 3.316 Mahasiswa Baru


Gambar : Gedug Rektorat Untan difoto dari samping
Gambar : Gedug Rektorat Untan  difoto  dari samping
Gambar : Gedung Rektorat Untan difoto dari samping

Oleh Mariyadi

Mimbaruntan.com, Pontianak–Abubakar Alwi selaku Pembantu Rektor 1 Universitas Tanjungpura (Untan) yang ditemui langsung di ruang kerjanya, Senin (13/05)  mengatakan bahwa Untan akan siap menerima 3.316 Mahasiswa. Penerimaannya melalui 3 jalur tes yaitu jalur  Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), jalur Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Nasional (SMBPTN), dan jalur Mandiri. “Untan akan menerima 3.316 mahasiswa baru. 50% diterima dari jalur SMPTN, 30% dari jalur SMBPTN, dan 20% diterima dari jalur Mandiri”, ungkap Abubakar.

Menurut Abubakar Alwi, pada jalur SMPTN,  seleksi dilakukan melalui nilai rapot siswa yang telah mendaftarkan diri. Seleksi tersebut telah dilaksanakan pada 17 Desember 2012 s/d 8 Februari 2013 lalu. Hasilnya akan di umumkan pada tanggal 28 Mei 2013 ini. Sedangkan SBMPTN pendaftarannya dilakukan dengan cara online mulai tanggal 13 Mei s/d 7 Juni 2013. “Untuk tes tertulis SMBPTN akan dilaksanakan pada 18 dan 19 Juni. Sedangkan untuk Prodi Pendidikan Jasmani (Penjas) dan Prodi Pendidikan Seni, ujian keterampilannya dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Juni 2013. Hasilnya akan diumumkan 12 Juli 2013”, jelas Abubakar Alwi.

Menurut Abubakar Alwi pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan melalui online untuk mengisi formulir  pendaftaran  dan segala panduan pendaftaran juga dapat diunduh pada wibisite resmi SMBPTN  http://ujian.sbmptn.or.id  . Calon peserta di haruskan membayar biaya ujian Rp. 175.000 untuk ujian Saintek/Soshum, Rp. 200.000 untuk ujian Campuran. Jika calon peserta mengikuti ujian keterampilan maka di tabah dengan dana ujian keterampilan sebesar Rp. 150.000. Untuk semua biaya tersebut dapat dibayar  melalui loket/ATM/Internet Banking/SMS Banking Bank Mandiri terdekat. “ Jalur tes ini merupakan jalur tes terobosan baru Nasional”, ungkap Abubakar Alwi.

Pada pendaftaran melalui online, akan dipinta KAP dan PIN SBMPTN 2013 yang didapatkan setelah calon peserta membayar biaya pendaftaran di Bank Mandiri. Calon peserta juga harus mengapload pas foto berwarna, berpakaian resmi (Bukan T-Shirt), dan terbaru dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4×6 cm dengan format JPG atau PNG. “Pendaftaran online SBMPTN tahun ini hampir sama dengan SMPTN online tahun lalu”, kata Abubakar Alwi

Menurut Abubakar alwi, Untan juga akan menerima pendaftaran untuk mahasiswa Reguler B (kelas malam) dengan daya tampung sekitar 3.500 mahasiswa.  Seleksi  untuk mahasiswa Reguler B akan dilaksanakan  bersamaan dengan jalur tes Mandiri. Namun,  jadwalnya masih belum ditentukan saat ini”, jelas Abubakar Alwi.[Mar]

Previous Peringatan Hari Buruh di Pontianak Tuntut Standar Upah Buruh
Next Debat Kandidat PEMIRAMA FKIP Gagal

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *