Aksi Teatrikal Berdarah dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda


aksi berdarah

Oleh Galih Pramono

mimbaruntan.com, Pontianak—Aksi  teatrikal  berdarah digelar mahasiswa di bundaran Universitas Tanjungpura (Untan), Senin (28/10). Aksi teatrikal tersebut digelar oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan sastra Indonesia (Himbasi) FKIP Untan dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda. “Teatrikal ini mengisahkan bagaimana para  pemuda indonesia dalam meneruskan perjuangan mempersatukan bangsa Indonesia,” ujar Tri Aprilian, satu diantara panitia kegiatan.

Dalam aksi ini, seorang mahasiswa bertelanjang dada dengan mengibarkan bendera Merah Putih. Beberapa mahasiswa lain mengenakan kostum bersenjata yang bertindak sebagai seorang penindas. Aksi ini juga diiringi pembacaan puisi. Hal ini untuk  menggambarkan bagaimana para pemuda tetap berjuang mengibarkan sang merah putih walaupun penuh tekanan fisik seperti pukulan dan terjangan.

“Dalam teatrikal ini kami mengajak masyarakat untuk bangga berbahasa Indonesia,” tambah Tri.

Menurut Tri, masyarakat harus ingat bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan, bahasa yang dapat menyatukan bangsa Indonesia. Jadi sudah seharusnya masyarakat mau dan bangga mengunakan bahasa indonesia sebagai  pemersatu masyarakat Indonesia yang beragam.

Diakhir teatrikal seluruh mahasiswa himbasi menyayikan lagu kebyar-kebyar ciptaan Gomblo. []

Incoming search terms:

  • sambas berdarah
Previous Himbasi Peduli Bahasa Indonesia
Next Bunga Mawar dari Himbasi untuk Hari Sumpah Pemuda

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *