Kegiatan KOSP FKIP Sebagai Latihan Tri Dharma dan Persiapan Kurikulum 2013


sumber dari internet
sumber dari internet
sumber dari internet

Oleh Maulini

mimbaruntan.com, Pontianak—Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma dan Persiapan Kurikulum 2013 bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura, Pontianak,  pihak FKIP dan beberapa pihak terkait mengadakan Kegiatan Kursus Orientasi Sedang Pramuka (KOSP) yang dilaksanakan selama dua hari. Sabtu, (16-17/11) di pendopo FKIP Untan.

Kegiatan yang diikuti  oleh 992 mahasiswa dari 14 prodi di FKIP bertemakan Aktualisai Diri Melalui Tri Satya Dasa Dharma dan Tri Dharma Perguruan Tinggi Serta Menjadi Pendidik yang Berkarakter. Dalam kegiatan tersebut, pihak FKIP bekerja sama  dengan Kuartir Daerah (Kuarda) Kalimantan Barat (Kalbar) dan dibantu oleh Pramuka Mahasiswa Untan

“Kegiatan ini (Red) hanya diwajibkan untuk mahasiswa baru FKIP dikarenakan (Red) berkaitan dengan masuknya pramuka dalam Kurikulum 2013 sebagai ekstrakurikuler wajib dari Sekolah Dasar (SD) sampai ke perkuliahan,” ungkap Juli Maya Sari, Koordinator Acara.

Menurut Juli, kegiatan ini bertujuan agar calon-calon pendidik yang sudah lulus di FKIP Untan memiliki kemampuan untuk mengajar atau  membina Pramuka setidaknya punya dasar walaupun belum mahir. Sehingga, apabila calon pendidik FKIP tidak hanya mempunyai kemampuan mengajar tapi juga mempunyai kemampuan untuk memenuhi tuntutan Kurikulum 2013.

Menurut Juli, selain sebagai tuntutan Kurikulum 2013, kegiatan ini juga bertujuan sebagai latihan dalam mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mengabdi, mengajar dan terjun ke masyarakat. “Maka dengan diadakannya kursus orientasi pramuka diharapkan selain memiliki kemampuan akademik, mahasiswa juga diharapan memiliki kemampuan lain khususnya dibidang kepramukaan untuk nanti pada saat terun di masyarakat mahasiswa dapat mengaplikasikannya dengan dunia nyata,” pungkas Juli.

 

 

Previous Untan Tampilkan Kesiapan Expo Mahasiswa di UTM
Next Aku Tak Ingin Punah

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *