Tips Untuk Mencegah Kebakaran


imagesMimbaruntan.com, Pontianak—Kebakaran sudah tidak asing lagi bagi kita semua, karna kebakaran tidak pernah pandang bulu bisa terjadi kapan dan dimana saja. Kebakaran seringkali menjadi momok yang menakutkan, terutama di kota-kota besar yang padat penduduk sehingga mudah adalah gejala gesekan atau kelalaian yang menyebabkan api kecil menjadi besar. Kebakaran pastinya mengakibatkan luka mendalam bagi korban yang mengalaminya karena kerugian baik secara materi bahkan sampai korban jiwa tidak sedikit. Kebakaran biasanya terjadi karena kelalaian dari manusia itu sendiri. Namun ada baiknya kita mencegah dan harus berhati-hati sedari dini.

Ada beberapa persiapan atau tips untuk mencegah terjadinya kebakaran.

  1. Jika anda seorang perokok, hindari merokok pada tempat yang berpotensi menimbulkan kebakaran, seperti contoh di ruangan tamu jika duduk diatas sofa dapat mengecek kembali keadaan puntung rokok untuk memastikan sudah mati dengan benar puntung rokok tersebut.
  2. Persiapkan 1 (satu) buku kosong untuk mencatat nomer-nomer penting atau membuat tempelan kertas yang berisi nomor penting di dinding rumah atau ditempat yang terlihat didekat tempat telpon sehingga jika terjadi kebakaran anda bisa dapat menghubungi nomer tersebut untuk mendapatkan bantuan sebelum api menjadi besar, atau dapat menyimpannya pada phonebook handphone anda.
  3. Untuk bagian pada ruang dapur anda, sebaiknya anda harus teliti dan memastikan bagian kompor aman, apalagi jika menggunakan tabung gas, pastikan dalam kondisi yang tepat dan tidak bocor. Sebaiknya sediakan juga alat pemadam api ringan untuk mencegah kebakaran secara cepat, anda dapat menghubungi Amare Fire 021 740 1557 / 021 7463 9917, Fax : 021 7463 9918 atau melalui email : sales@amare.co.id untuk melakukan pengisian ulang alat pemadam api ringan dan pembelian apar dengan harga tabung pemadam kebakaran yang berkualitas.
  4. Jauhkan alat – alat yang dapat mengakibatkan api dari anak – anak seperti pematik atau korek api.
  5. Installasi salah satu alat untuk mencegah kebakaran seperti memasang smoke detector. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi secara cepat agar jika ada asap dan hawa panas yang diluar batas normal anda dapat mengetahuinya terlebih dahulu sebelum api membesar. Agar alat ini berfungsi secara maksimal pastikan anda mengeceknya secara rutin.
  6. Membuat rencana penyelamatan jika terjadi kebakaran anda dapat memberitahu seluruh keluarga anda langkah apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran. Baik itu cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan ataupun rute keluar dari rumah yang aman.
  7. Mengumpulkan seluruh surat – surat penting untuk disimpan pada tempat yang aman secara keseluruhan agar pada saat terjadi kebakaran dapat dengan mudah mengambil surat tersebut, contohnya : surat-surat penting dikumpulkan pada suatu wadah (koper) dan disimpan ditempat yang aman, jika terjadi kebakaran anda dapat dengan mudah mengambil koper tersebut sekali angkat sudah semua surat-surat penting terbawa atau terselamatkan. (19/02/214)

 

Previous KTM Tidak Kunjung Selesai, Bank Kalbar Mengeluh
Next Ketidakadilan Sistem Kurikulum Kampus di Prodi Sosiologi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *