Himmat FKIP Untan Gelar Aksi Donor Darah


oleh Brigita Mina

mimbaruntan.com, Pontianak—Himpunan Mahasiswa Matematika (Himmat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tanjungpura (Untan) bersama Palang Merah Indonesia (PMI), menggelar aksi donor darah di lapangan Rektorat Untan Pontianak, Rabu (2/4).
Kegiatan ini diadakan sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun Himmat yang ke-31. Ini merupakan program kerja (progja) dari bidang sosial masyarakat (Bisma) dari Himmat. Untuk menyukseskan aksi donor darah ini, Himmat bekerjasama dengan PMI Pontianak.

Asmida, selaku Ketua Panitia mengatakan, sebelum kegiatan aksi donor darah dilakukan, seminggu sebelumnya sudah diadakan sosialisasi terlebih dahulu, ia bersama anggota Himmat lainnya memasang baliho di depan kampus FKIP, menyebarkan pamplet disetiap fakultas dan semua organisasi yang ada di Untan. Sebelum melakukan  transfusi darah, para donatur juga sudah dicek oleh tim PMI, jadi darah dari para donatur tersebut bisa dipertanggung jawabkan. ‘’Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meringankan beban orang lain yang kekurangan darah, jadi kita saling membantu antar sesama,’’ ujarnya

Acara donor darah ini berlangsung mulai dari pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Beberapa mahasiswa tampak ramai mendatangi posko yang berada diseberang jalan kampus FKIP tersebut. Dari data yang diperoleh, ada sekitar 60 orang peserta yang ikut berpartisipasi di dalamnya, tapi setelah dipertimbangkan dari segi kesehatannya seperti tensi, berat badan akhirnya yang terpilih hanya sekitar 20 orang.

Ariadi, satu diantara donatur yang juga anggota Himmat ini  menjelaskan, kegiatan donor darah ini tidak hanya dikhususkan untuk Mahasiswa matematika. ‘’siapapun boleh ikut jadi pesertannya, semua Mahasiswa Untan, dosen dan semua warga Untan,’’ katanya.

Menurut Ariadi, ini adalah pertama kalinya ia melakukan donor darah, awalnya ia sempat merasa takut, bahkan nerves, tapi hal tersebut sangat menantang sejauh mana keberaniannya. ‘’Saya berharap, yang membaca atau mendengar Mimbar Untan nanti, bisa tergerak hatinya untuk ikut mendonorkan darah, karena donor darah ini sehat ya, jadi jangan takut untuk donor darah, karena setetes darah anda sangat bermanfaat untuk orang lain,’’ pungkas mahasiwa matematika angkatan 2011 itu.

Selanjutnya darah yang sudah terkumpul nantinya akan diserahkan ke pihak PMI.

Previous Jamaludin: Mahasiswa Kurang Manfaatkan Fasilitas UPT Puskom Untan
Next Orasi GMNI: Masyarakat Harus Cerdas Saat Gunakan Hak Pilih

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *