Untan Harusnya Beri Libur Mahasiswa Daerah untuk Pileg


Libur Mahasiswa
Sumber: Anonim/internet

Oleh Dodoy

mimbaruntan.com, Pontianak – H-1 menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April 2014 masih akan diwarnai golongan putih (golput) di kalangan mahasiswa. Selain pelaksanaan Pileg bertepatan dengan Ujian Tengah Semester (UTS), waktu libur yang diberikan oleh Universitas masih terbatas.  ”Pemilihan Legislatif kali ini bentrok dengan ujian tengah semester, adapun libur itu hanya satu hari dan besok sudah ujian lagi, juga ribetnya pendaftaran A5 di KPU.” Ungkap Firdaus, Mahasiswa Fisipol Untan asal Kabupaten Sambas, Senin (7/4).  Masih dilanjutkan oleh Firdaus, seharusnya pihak Universitas menyiapkan waktu khusus untuk libur Pileg, sehingga mahasiswa Untan yang dari daerah dapat kembali dengan waktu yang cukup tadi untuk mengikuti UTS.

”seharusnya pihak Universitas, dapat membuat kebijakan meliburkan kuliah beberapa hari sebelum Pileg dan usai Pileg, sehingga mahasiswa memiliki waktu yang cukup untuk pulang dan kembali atau juga dapat menggundurkan UTS, itu jika Rektor memang ingin berpartisipasi atas penyelenggaraan Pileg 2014 ini,” ungkapnya.

Melalui surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 127/KPU/III/2014, tertanggal 4 Maret 2014, tentang perpindahan tempat memilih. formulir A5 (surat keterangan pindah memilih).

Sujadi mengatakan hal tersebut diperuntukkan bagi pemilih yang tidak sedang berada di daerah pilihannya, misal bagi mereka yang tugas bekerja, tugas belajar dan pindah domisili. ”Hal ini dilakukan agar mudah melaksanakan hak pilih dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pileg 2014 nanti.” Ucap Sujadi saat ditemui di ruangan nya oleh Mimbar Untan, Sujadi menjelaskan, bagi mahasiswa yang tidak dapat melapor ke KPU tempatnya memilih, maka dapat langsung datang ke KPU dimana dia akan memilih, atau melaporkan langsung ke KPU yang terdaftar dirinya dalam DPT tersebut sehingga dapat ditindak lanjuti.

Masih dijelaskan oleh Sujadi, bahwa sosialisasi A5 sudah dilakukan melalui media massa, media sosial, dan element masyarakat. Sujadi berharap semua yang berhak memilih bisa menggunakan hak pilih dengan sebaiknya dan berharap Pileg kali ini terintegritas serta adil. (doy)

Previous Golput Mahasiswa Untan Akan Warnai Pileg 2014
Next BEM Untan: KPU Tuntut Mahasiswa Aktif

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *