Mahasiswa Hukum: Setelah UTS, Pembelajaran Kurang Efektif


pembelajaran kurang efektif
istimewa

Restiana Purwaningrum

mimbaruntan.com, Pontianak–Setelah Ujian Tengah Semester (UTS) yang diselenggarakan di Fakultas Hukum (FH) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, proses pembelajaran  kurang efektif. Hal tersebut dikeluhkan oleh mahasiswa yang merasa proses pembelajaran mereka yang akan tertinggal.

Karina, salah satu Maba FH mengungkapkan, bahwa selama seminggu setelah UTS  banyak dosen yang belum masuk mengajar. “Pas seminggu setelah UTS ni, memang ndak efektif karena ada beberapa dosen yang ndak hadir mengajar. Kalau ndak salah, waktu itu cuma tiga mata kuliah aja yang ada dosennya,” keluhnya, Jumat (9/5).

Ketidakefektifan ini, juga berdampak pada pembelajaran mahasiswa. Meskipun mahasiswa memang dituntut harus mandiri, namun hal demikian menyebabkan materi tidak tersalurkan dengan baik. “Yang sangat berdampak tu pembelajarannya. Kadang-kadang banyak materi yang keteteran, emang sih mahasiswa harus mandiri kalau ndk ada dosen cari sendiri, tapi ya terkadang ndak sepaham dengan penjelasan dosen,”tambahnya.

Hal tersebut juga diutarakan oleh seorang mahasiswa yang tidak ingin disebutkan namanya. Menurutnya ketidakefektifan tersebut lebih kepada kelas yang diajar lebih dari satu dosen yakni dosen dan asistennya. “Selama satu minggu kuliah, yang efektif dosennya ada semua itu cuma hari senin dan selasa. Setelah itu ya bolong-bolong, apalagi kelas yang dosen nya ada dua. Asisten dosen nya lama masuk,” ungkapnya saat ditemui di sekretariat LPM Untan.

Begitulah kenyataan terjadi di Fakultas yang telah berakreditasi A. Selanjutnya, mahasiswa  berharap, supaya pembelajaran di kampus segera berjalan dengan efektif, mengingat Ujian Akhir Semester (UAS) juga tidak lama lagi.

 

 

Previous Mahasiswa Keluhkan Ketidakadilan Pembayaran Listrik di Rusunawa Untan
Next Untan akan Adakan Expo Pendidikan dan Seni 12-17 Mei Mendatang

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *