Arang KayuSebagai Filter Air Sumur


mimbaruntan.com, Universitas Tanjungpura- Bagi anda yang memiliki sumur galian di rumah, pasti sering mengeluhkan tentang air yang kurang jernih atau berbau kurang sedap. sekaranganda tidak perlu repot lagi karena hanya dengan menggunakan arang kayu andasudah bisa menghilangkan bau yang kurang sedap sekaligus menjernihkan air dari sumur galian tersebut.

Untuk mendapatkan air bersih tersebut yang perlu dilakukan adalah mengikat beberapa potong arang kayu menggunakan tali dengan panjang secukupnya. Usahakan ikatan tersebut kuat agar arang kayu tak mudah lepas. Setelah cukup kuat, ceburkan ikatan arang tersebut ke dalam sumur galian dan biarkan di sana sampai beberapa lama. Apabila cara ini dilakukan secara periodik, niscaya kualitas air akan membaik, dalam hal warna mau pun bau. Setiap 2 atau 3 bulan sekali, andaharus mengganti arang tersebut dengan yang baru. Anda pun tidak perlu susah mencari arang karena arang kayu termasuk jenis arang yang banyak ditemukan, salah satunya di pasar tradisional.

Arang ini sebenarnya juga dikenal dengan kandungan karbon aktifnya yang sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri jahat sehingga air bersih dari sumur Andatak hanya bebas bau, tetapi juga bebas bakteri. Kekeruhan pada air dalam sumur galian bias juga mengindikasikan adanya bakteri yang disebabkan oleh lumut yang tumbuh di sekitar dinding sumur. Jadi, dengan menggunakan arang tersebut, Andajuga akan membunuh bakteri-bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Namun yang perlu Ibu perhatikan tentunya adalah bahan pembuat arang tersebut. Pastikanarangtersebutdibuatdarikayu yang masihbagusdansehat, yang dalam hal ini berarti bahwa kayu tersebut belumbusuk.

Pada zaman modern ini, arang memang tak lagi hanya bisa digunakan sebagai bahan bakar memasak. Hasil penelitian di Jepang menunjukkan bahwa karbon dalam arang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Memasukkan arang ke dalam air berarti membuat air tersebut lebih basa, sehingga lebih baik kualitasnya sebagai air minum. Dengan demikian, arang memang sangat bermanfaat untuk filter air sumur. Sekarang tentu Andatak perlu pusing lagi mengenai pasokan air bersih bagi keluarga.
Penulis

Ali Imron & Murnawati

Prodi         Agroteknologi

Fakultas   Pertanian, Universitas Tanjungpura

Previous Himbasi Gelar Lomba Pidato
Next Memukau, Penari RRT Tampilkan Tarian Jawa

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *