Khasiat dan Manfaat Daun Talas bagi Kesehatan


mimbaruntan.com,Universitas tanjungpura- Daun Talas  adalah termasuk tumbuhan yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan yaitu bagian daun, tangkai daun, dan juga pelepah, umbinya baik itu induk maupun anakan dapat dimakan. Hanya bagian akar serabutnya yang tidak bisa dimakan atau belum diselidiki kemungkinan bisa dimanfaatkan. Ternyata tumbuhan yang termasuk liar ini memiliki banyak bagi kesehatan.

Talas yang merupakan suku Araceae memiliki nama latin Colocasia esculentia Schott. Di Indonesia tanaman ini mempunyai banyak nama tergantung dari daerahnya berasal. Di sambas dikenal dengan keladi,Jawa dikenal dengan sebutan Gelo/Talesdi Flores ” Ufi lole”, di Makassar “Paco”, di Bugis “Aladi”, di Maluku “Bete”. Tanaman ini juga dikategorikan sebagai tanaman semak karena memiliki daun yang lebat serta memiliki khasiat dan manfaat besar untuk kesehatan.
Khasiat dan manfaat daun talas bagi kesehatan di peroleh karena kandungan kimia yang terdapat didalam  umbi, tangkai daun dan daun Colocasiaesculenta mengandung polifenol. Demikian juga tangkai daun serta umbi yang mengandung saponin.
selain itu Khasiat dan manfaat umbi daun talas ( colocasia esculanta ) adalah sebagai obat sakit maag ,sakit berak berdarah. Cara pengobatan penyakit maag yaitu ambil secukupnya umbi talas kemudian direbus dan dimakan seperti cemilan pada waktu bersantai. Sedangkan cara pengobatan berak berdarah yaitu sediakan kira-kira 100 gr umbi Colocasia esculenta ,kemudian dikupas lalu dicuci bersih, kemudian diparut dan diperas serta disaring airnya diminum sekaligus sampai habis.
sedangkan Khasiat dan manfaat kulit tangkai daun talas adalah untuk pembalut luka yang baru. Kulit tangkai daun talas diremukkan hampir halus dan dipakai untuk membalut luka yang ingin di sembuhkan.

Selain itu pula ternyata daun talas ini memiliki kandungan kandugan gizi yang tinggi sehingga bisa dijadikan obat untuk medis diantaranya Zat besi, Kalsium, Garam fosfat, Protein, Vitamin A, dan B. Zat – zat tersebut terdapat pada daunya yang sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit medis diantaranya untuk mengobati diare,untuk mengobati disentri, Untuk mengobati biduren, Untuk mengobati radang ginjal, serta Untuk mengobati nyeri sendi dan otot.

Penulis : ALAN NUARI, Agroteknologi 2014

Previous Masyarakat Sungai Kupah manfaatkan Kelapa Untuk Mendapatkan Penghasilan
Next Manfaat Rumput Teki UntukKesehatan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *