Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan


istimewa

Mimbaruntan.com,Universitas Tanjungpura – Sirih Merah memiliki nama Latin Piper Crocatum tanaman ini bisa dikatakan juga sebagai tanaman herbal karena bisa langsung digunakan untuk Kesehatan dan juga kecantikan tubuh manusia terutama wanita. Namun sekarang orang-orang banyak yang tidak mengetahui manfaat dari sirih merah. Sirih merah hanya di jadikan sebagai tanaman hias di perkarangan rumah. Berikut khasiat dari daun sirih merah untuk tubuh manusia beserta pemakaiannya.

  1. Mengatasi luka bakar : siapkan sejumput daun sirih merah dan cuci. Peras airnya dan kemudian berikan sedikit madu. Setelah itu tempelkan di tempat terjadinya luka bakar.
  2. Mengatasi maag : ambil sejumlah daun sirih merah,cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ganti dua kali sehari.
  3. Mengatasi gatal-gatal : Ambil 20 helai daun siri merah, masak dengan air mendidih. Lalu gunakan untuk mandi saat masih hangat.
  4. Mencegah gusi berdarah : Panaskan empat helai daun siri merah di dua gelas air. Setelah agak dingin gunakan untuk berkumur.
  5. Mencegah sariawan : Ambil 1-2 helai daun dan kemudian cuci. Kunyah sampai hancur dan kemudian buang saat sudah terasa cukup.
  6. Mengurangi bau badan : Ambil lima helai daun dan masak di dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas lalu minum di siang hari.

Sirih merah dapat kita tanam di pekarangan rumah karena sirih merah dapat hidup dengan mudah. Sirih merah ini memiliki warna yang sangat indah sehingga dapat di jadikan penghias halaman.

Penulis : HARJO & Jati manis raharja Prodi Agroteknologi 2014

Previous Cara Membudidayakan Tanaman Porang
Next Memperbaiki Produksi Buah Kelapa di Wajok

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *