Manfaat Minyak Zaitun


google

Mimbaruntan.com,Universitas Tanjungpura-Minyak zaitun (minyak olive) adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (olea europea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun telah sangat dikenal di masa ini karena berbagai kegunaan terutama untuk kesehatan.minyak zaitun ini sudah sangat lama sekali penggunanya oleh manusia, minyak ini kadang lebih dikenal dengan nama Olive Oil yang mana minyak ini berasal dari buah Zaitun itu sendiri yang sudah terkenal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada dalam tubuh manusia, bahkan Nabi Muhammad SAW juga berpesan kepada umatnya untuk mengkonsumsi minyak zaitun ini. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak,Kosmetik, obat herbal, sabun, dan bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol). Bahkan para ahli gizi di seluruh dunia menyarankan orang untuk menggantikan minyak sayur biasa dengan minyak zaitun. Selain minyak zaitun mempunyai banyak manfaat, tetapi ada juga efek samping dari minyak zaitun ini.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan

Jenis minyak zaitun yang paling populer adalah virgin dan ekstra virgin yang digunakan dalam berbagai tujuan. Kita semua tahu bahwa minyak zaitun dapat digunakan memasak, sebagai campuran salad, dan bahkan sebagai saos dalam beberapa resep masakan diseluruh dunia. Berikut ini adalah manfaat minyak zaitun yang membuatnyamenjadi salah satu produk terbaik, yang dapat digunakan secara internal maupun eksternal.

  1. Minyak zaitun dianggap sebagai salah satu produk terbaik untuk jantung. Hal ini karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol berlebih.
  2. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung.
  3. Menurunkan kadar kolesterol, secara tidak langsung juga membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Membantu dalam menjaga saluran pencernann. Mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tepat dapat membantu untuk mengatasi sembelit.
  5. Untuk membantu dalam melembabkan kulit. Minyak zaitun diiringi dengan pijat secara teratur atau menambahkan minyak zaitun sebagai masker membantu untuk kulit halus dan lembab.
  6. Membuat rambut tumbuh menjadi sehat,mencegah rambut rontok, dan membuat rambut lembut dan mengkilap.
  7. Untuk menurunkan gejala diabetes parah, asma, arthitis dan memfaat dalam mencegah kanker usus besar.

Efek samping minyak zaitun

Sebenarnya tidak ada efek samping berat terkait dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Namun, dalam beberapa kasus terdapat gangguan pada beberapa orang. Seperti disebutkan di atas bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tepat dapat dimembantu untuk mengobati sembelit. Sedangkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, maka seseorang dapat menderita diare. Kemudian, jika seseorang mengalami alergi terhadap minyak zaitun, orang tersebut mungkin menderita menderita efek samping seperti ruam kulit, setelah menggunakan minyak zaitun secara eksternal maupun internal. Orang yang menderita diabetes dan tekanan darah tinggi juga harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi minyak zaitun.

Penulis : Soniari NIM C1011141024 dan Nurhayati NIM C1011141006, Agroteknologi Fakultas Pertanian 2014

 

Previous Manfaat Daun Pepaya
Next Belimbing Wuluh Sebagai Penurun Darah Tinggi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *