Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan


Mimbaruntan.com,Universitas Tanjungpura- orang Indonesia sangat menyukai minum teh dan memahami betul manfaatnya yang cukup bagi tubuh manusia. Namun kita juga harus mengetahui bahwa teh hadir dengan beragam jenisnya, mulai dari teh hijau, teh hitam hingga teh oolong yang masing-masing memiliki kelebihan manfaat yang berbeda-beda.

Perbedan proses oksidasi dari teh oolong membuatnya memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Teh oolong di olah dari 3 pucuk daunt eh secara khusus dan merupakan hasil setengah oksidasi sehingga menciptakan cita rasa berbeda dengan jenis lainnya. Sejarah teh oolong ini pun sebenarnya telah dimulai sejak 1000 tahun yang lalu, namun memang oolong belum sepopuler teh lainnya

Oolong merupakan salah satu jenis teh yang berasal dari Cina. Dibuat dengan proses setengah oksidasi sehingga daunt eh oolong ini menjadi kaya manfaat secara unik. Dalam proses setengah teroksidasi ini, enzim dalam daunt eh menghasilkan bahan-bahan baru diantaranya kalsium,tembaga, kalium, zat besi dan beberapa vitamin seperti vitamin A,B,C,D,E dan K serta polifenol yang berfungsi sebagai anti oksidan.

Manfaat lain dari teh oolong adalah sebagai pencegah penuaan dini pada wajah,yang terutama disukai oleh kaum wanita. Teh ini diyakini mampu membersihkan racun dalam tubuh dan membuat kulit lebih halus dan lembut. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam teh oolong juga dipercaya dapat mengembalikan vitalitas, memperkuat kekebalan tubuh, mengurangi kerontokan rambut. Sedangkan untuk kesehatan, teh oolong dapat menurunkan kadar kolesterol jhat dan kadar gula, eksim, risiko kanker, kardiovaskuler, stroke, serta meningkatkan stamina tubuh.

Teh oolong pun dikenal ampuh bagi mereka yang sedang diet. Sebab kandungannya dapat mempercepat metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Teh oolong membantu menguraikan lemak dan mengeluarkannya lewat urine atau feses. Jika anda tidak ingin gemuk, meminum teh oolong secara rutin merupakan alternatif yang tepat untuk program diet.

Penulis : Hendy Hariyanto, Agroteknologi.

Previous Manfaat Rumput Teki UntukKesehatan
Next Manfaat Kesehatan dari Mentimun

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *