Masyarakat Sungai Kupah manfaatkan Kelapa Untuk Mendapatkan Penghasilan


mimbaruntan.com,Universitas Tanjungpura –Tanaman kelapa yang juga disebut dengan pohon kehidupan, merupakan tanaman serba guna, karena dari setiap bagian tanaman dapat diambil hasilnya untuk memenuhi sebagian kebutuhan hidup manusia. Tanaman kelapa merupakan tanaman asli daerah tropis dan dapat ditemukan di seluruh wilayah indonesia, mulai dari daerah pesisir pantai dan daerah pegunungan yang agak tinggi. Bagi masyarakat indonesia kelapa merupakan salah satu komoditas terpenting sesudah padi, mengingat tanaman ini di budidayakan oleh jutaan petani dan mampu menopang kehidupan puluhan juta kepala keluarga, karena bisa menjadi sumber pendapatan yang dapat di andalkan dari pemanfaatan kelapa itu sendiri.

Didaerah Sungai Kupah termasuk dari sebagian kecil penghasil kelapa, yang mana mayoritas petani yang ada di desa tersebut mempunyai kebun kelapa, daerah ini berada dipesisir pantai tepatnya di ujung Sungai Kapuas, sehingga cocok untuk ditanami pohon kelapa.

Seperti yang kita ketahui kelapa memberikan kontribusi tinggi terhadap perekonomian masyarakat, begitu pula masyarakat Sungai Kupah, karena produk olahan yang dihasilkan dari kelapa memiliki manfaat dan sangat bernilai ekonomis mulai dari buah kelapa, daun kelapa, batang kelapa, air kelapa, air legen, batok kelapa hingga serabut kelapa dapat bermanfaat dan bernilai ekonomis yang jika diolah secara optimal. Berikut manfaat dari pohon kelapa :

  1. Batang kelapa : kayu bakar ,jembatan darurat dan bahan mebel .
  2. Daun : bahan hiasan atau janur, atap rumah, dan anyaman ketupat .
  3. Sabut : untuk pelapis jok dan kursi .
  4. Tempurung : bahan bakar dan di olah menjadi arang aktif.
  5. Daging : kelapa parut, santan, arang dan minyak .

Produk-produk yang bernilai jual rendah diperuntukan bagi konsumsi dan produk yang berkualitas lebih baik ditujukan untuk kepentingan ekspor. Produk, tradisional yang di ekspor diantaranya: minyak kelapa (NO), daging kelapa kering (kopra), karbon aktif dari arang batok kelapa. Salah satu produk olahan kelapa yang menjadi andalan masyarakat sungai kupah adalah kopra, hampir setiap petani kelapa yang memiliki lahan perkebunan kelapa akan mengolah kelapa menjadi kopra, melihat potensi yang menjanjikan dari kelapa itu sendiri perlu perhatian pemerintah dengan kebijakan-kebijakanya yang diharapkan lebih memihak kepada masyarakat petani, sehingga hasil sumber daya alam ini tidak hanya dinikmati segelintir orang saja.

 

Penulis,M.sartibiC1011141017,Agroteknologi ( A )

 

Previous Manfaat Tanaman Pasak Bumi
Next Khasiat dan Manfaat Daun Talas bagi Kesehatan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *