Memperbaiki Produksi Buah Kelapa di Wajok


mimbaruntan.com,Universitas Tanjungpura- Kurangnya pengetahuan tentang pengolahan buah kelapa membuat daerah Wajok dapat dikatakan belum maksimal dalam pengolahan buah kelapa, terbilang sebagai daerah yang memiliki hasil kekayaan buah kelapa yang melimpah. Namun, tak bisa diolah secara sempurna. Mereka membuang kesempatan emas yang ada, hal ini terbukti dengan pengolahan yang mereka hasilkan kuranglah mencapai hasil yang efisien. Kemudian, yang paling dominan adalah mereka membakar sabut kelapa yang sudah dianggap tidak berguna ,padahal sabut kelapa yang mereka abaikan ini dapat diolah menjadi jok mobil dengan berbagai tahapan pengolahan,dan pastinya perlu pembekalan pengetahuan yang cukup. Faktor penghambat kemajuan pengolahan kelapa di daerah ini salah satunya yaitu alat produksi yang tidak memadai. Inilah yang harus kita perhatikan,masyrakat wajok memiliki komoditas buah kelapa yang sangat luar biasa. Namun, percuma jika pengolahan ini tidak mencapai tingkat kesempurnaan.

Kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera dan merupakan anggota tunggal dari marga Cocos yang berasal dari suku aren-arenan atau Arecacea. Kelapa memiliki banyak manfaat karena hampir semua bagian kelapa bisa diolah atau di manfaatkan oleh manusia. Maka dari itu, kelapa sering kali di anggap sebagai tumbuhan serbaguna, Terlebih bagi penduduk wilayah pesisir. Buah yang di hasilkan oleh tumbuhan kelapa juga disebut dengan nama yang sama, yaitu kelapa. Diperkirakan asal mula kelapa ialah berasal dari bagian pesisir Samudera Hindia yang ada pada sisi bagian Asia. Akan tetapi, keberadaanya kini sudah menyebar luas hampir di semua pantai tropika yang ada di dunia.

Kaya akan manfaat membuat buah kelapa banyak dikenal oleh masyarakat. perlu anda ketahui bahwa komoditas penghasil buah kelapa terbesar ada di daerah wajok,masyarakat yang berada di daerah ini rata-rata berpenghasilan dari pengolahan buah kelapa, yang dijadikan sebagai minyak kelapa, Namun disayangkan produksi yang mereka hasilkan ini masih jauh dari kesempurnaan. Pada pengolahan minyak kelapa ini, mereka hanya memanfaatkan bagian daging kelapa saja.Setelah memproduksi minyak kelapa,masih ada bagian buah kelapa yang tidak mereka gunakan,misalkan bagian tempurung dan sabut kelapanya,pada bagian ini langsung mereka lakukan tindakan pembakaran.

Hal ini perlu juga perhatian dari pemerintah, untuk menunjang keberhasilan produksi buah kelapa,Menuju tingkat produksi yang tinggi. Peran dari pemerintah sangat mempengaruhi bekembang apa tidaknya sentral produksi buah kelapa ini.

“Coconout is one of many fruit that have benefits,if we pruducting with wise and insightful”

(Penulis:Jumilah, NIM C1011141025, Mahasiswa Universutas Tanjungpura, Angkatan 2014)

 

Previous Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan
Next Manfaat Tanaman Pasak Bumi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *