Dukung Kesadaran Pajak Sejak Dini,FK.Ekonomi Gelar seminar Tentang Pajak


foto oleh A'am

mimbaruntan.com – Pontianak, 15/2014. Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura mendukung peningkatan kesadaran mengenai pajak dengan melaksanakan seminar sehari bersama TCC dan HIMA REG B, mengusung tema “Membangun Generasi Muda Peduli Pajak”.

Seminar ini dilakukan sebagai bagian dari kegiatan pembinaan untuk mahasiswa baru, Bela Febrianti putri, selaku ketua panitia, mengatakan “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan mahasiswa baru,Ini merupakan seminar unggulan dan projek yang benar-benar besar.” Kegiatan ini diadakan melalui kolaborasi Taxt Center Comunity (TCC) dan Hima Reg B, turut melibatkan kantor wilayah direktorat jendral pajak Kalimantan Barat,”Pada awalnya mereka yang mengajak bekerjasama dengan TCC, kemudian TCC mengajak kami Hima Reg B untuk Bergabung”. Ungkap Bela. Selanjutnya ia menerangkan bahwa Tujuan dari kegiatan ini agar generasi muda sekarang lebih tahu seberapa penting pajak bagi distribusi kalangan masyarakat dan agar mereka lebih tahu bagaimana tatacara membayar pajak dengan benar.

Menurut Muktia Agus Budisantoso. Kepala bidang, penyuluhan, pelayanan dan hubungan masyarakat kantor wilayah direktorat jendral pajak Kalbar, ( Kabid P2Humas Kanwil DJP Kalbar), bahwa ia sangat takjub melihat semangat mahasiswa yang mampu mengkoordinir kegiatan ini, yang ia nilai sudah bertaraf Nasional. Ia Selaku Narasumber sekaligus pemateri dalam seminar tersebut menjelaskan bahwa, mereka memiki tugas untuk mensosialisasikan mengenai pentingnya kesadaran membayar pajak sejak dini pada generasi muda dan seluruh masyarakat. ”Kami Mempunyai tugas pokok mensosialisasikan pajak kepada pra wajib pajak, masyarakat yang belum berkewajiban untuk melakukan kewajiban perpajakannya, tapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan untuk memberikan sosialiasi pada wajib pajak”.

Selanjutnya, ia menjelaskan kegiatan penyuluhan atau sosialisasi tersebut untuk membangun pemahaman maupun kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak dan hal itu harus dilakukan sejak dini, karena akan tidak efektif apabila sosialisai dilakukan kepada masyarakat yang telah berpenghasilan tetapi dalam benaknya menggangap pajak sesuatu yang merugikan, negatif, memberatkan dan sebagainya. Ia mengatakan “Tugas kami adalah membrikan awarness atau kepedulian supaya tahu dulu, bahwa pajak itu penting sebelum ia bayar pajak nanti, Sasarannya SMP, SMA dan Kampus-kampus. Tujuan semua itu pada penerimaan pajak, penerimaan pajak meningkat karena kepatuhan meningkat. Wajib pajak bisa patuh, karena tahu aturan hukum, baik aturuan penegakan hukumnya, ataupun teknis-teknis perpajakannya” Tegasnya.

Mulyadi, selaku mahasiswa baru sekaligus peserta dalam seminar tersebut, sangat merespon baik kegiatan seminar ini, ia mengatakan” Acara ini sangat berguna dan menarik juga untuk bakal kedepan. Saya selangkah lebih maju mengetahui tentang pajak dibanding teman-teman yang tidak hadir mengikuti kegiatan ini”.

Previous Ternyata Buah Cempedak Kaya Akan Manfaat
Next Dekan Belum Dilantik, Mahasiswa Teknik Untan Tuntut Rektor

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *