Cara Pembuatan Biopestisida dari Cabai Merah


Oleh Mayumas Sanaya, Ismiati dkk

Mahasiswa Pertanian Untan

mimbaruntan.com – Cabai merah termasuk kedalam famili solanaceae. Tanaman ini merupakan tanaman berbatang tegak,  menahun, memiliki akar tunggang, becabang banyak serta tinggi mencapai 1-2,5 m. cabai merah memiliki daun yang lebar, helaian daun bulat telur memanjang atau elips berbentuk lanset, serta pangkal dan ujung daun meruncing, serta buahnya bewarna merah cerah, dan rasanya pedas.

Cabai merah sering digunakan sebagai bumbu makanan serta sambal. Namun selain dijadikan sebagai bahan makanan cabai merah juga dapat digunakan sebagai biopestisida pengendali hama serangga yang biasanya muncul dan menjadi binatang pengganggu pada tanaman sayur. Berikut adalah cara pembuatan biopestisida dari cabai merah dan pengaplikasiannya pada tanaman.

Pertama-tama keringkan cabai merah sebanyak 150 g, lalu tumbuk/giling hingga menjadi tepung. Kemudian campur dengan 500 ml air, lalu saring. Setelah dicampur dengan air semprotkan larutan ketanaman yang terserang hama. Larutan ini sangat manjur untuk membrantas berbagai jenis hama seranggga.

Previous Manfaat Buah Kelapa Bagi Tubuh
Next Mahasiswa Terus Memprotes Kenaikan BBM

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *