You are here
Home > Utama > Ketua AJI Kalbar: Tugas Jurnalis Sebenarnya Adalah Mencari Kebenaran

Ketua AJI Kalbar: Tugas Jurnalis Sebenarnya Adalah Mencari Kebenaran

Tugas jurnalistik

mimbaruntan.com, Universitas Tanjungpura—Heriyanto, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kalimantan Barat (Kalbar) mengatakan bahwa jurnalis bertugas mencari kebenaran fungsional dari semua orang. Oleh karena itu, hendaknya, keberadaan jurnalis diharapkan dapat mengungkapkan  kebenaran dari sejumlah masalah yang ada.

”Tugas jurnalis sebenarnya adalah mencari Kebenaran fungsional, yaitu kebenaran yang melekat pada orang-orang tertentu,” tutur Heriyanto saat memberikan materi Teknik Reportase pada peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di sekretariat Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Tanjungpura (LPM Untan), Jl. Daya Nasional, Komp. MKU, Minggu (23/11).

Dalam kesempatan tersebut, tepatnya pada hari kedua,  Heriyanto yang juga pimpinan redaksi salah satu media terkemuka di Kalbar, itu tidak hanya memberikan materi seputar jurnalistik. Sebagai wartawan yang telah lama berkecimpung dalam bidang jurnalsitik, ia juga memberikan banyak motivasi kepada peserta. “Level kita harus sedikit lebih pintar dari orang kebanyakan, harus menguasai informasi dengan lebih baik,” tambah Heriyanto.

Setelah Heriyanto—alumni LPM Untan—memberikan materi teknik reportase, beberapa peserta PJTD merasa sangat termotivasi untuk menjadi anggota di LPM. “Saya menjadi lebih termotivasi dengan apa yang disampaikan tadi. Juga Bang Heri yang telah  sukses karena LPM ini,” tuturnya Wirza dengan wajah puas.

Reporter: Marna

 

Tinggalkan Balasan

Top