Khasiat dan Manfaat Bayam


mimbaruntan.com,Universitas Tanjungpura-Bayam (Chinese amaranth), merupakan salah satu jenis tanaman yang biasanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat sebagai sayuran yang nikmat. Namun selain nikmat ternyata bayam juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Daun bayam yang kaya akan vitamin dan karbohidrat ini dapat kita olah untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.Selain murah meriah, cara ini juga aman, karena kita tidak mengunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Manfaat bayam yang pertama ialah dapat mengatasi keputihan. Berikut cara mengolah bayam untuk dijadikan ramuan. Pertama, Ambil biji bayam yang sudah kering secukupnya. Kemudian tumbuk sampai halus, lalu seduh bayam yang telah halus tersebut dengan segelas air matang. Kemudian tambahkan gula aren secukupnya. Minumlah air ramuan tersebut dua kali dalam sebulan.

Selain dapat mengatasi keputihan, bayam juga dapat mengencangkan kulit. Sehingga cocok sekali untuk siapa saja yang ingin merawat wajahnya agar kelihatan kencang. Berikut beberapa cara untuk mengolah bayam menjadi masker.

Siapkan beberapa lembar daun bayam yang masih segar, lalu lumat bayam tersebut sampai lembut, kemudian campurkan dengan kuning telur dan madu serta air bunga mawar. Gunakan ramuan tersebut untuk maskeran. Tunggu beberapa menit sampai terasa kering, kemudian cuci sampai bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukanlah cara tersebut dengan rutin. Sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

Bayam ternyata juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Perbedaanya kalau tadi diolah untuk maskeran. Sekarang bayam diolah untuk menjadi ramuan.

Siapkan segenggam daun bayam yang masih segar, kemudian remes daun bayam tersebut sampai mengeluarkan air, campur air remesan daun bayam tersebut dengan parutan kunyit, lalu saring hasil parutan tersebut supaya bersih. Minumlah air ramuan tersebut sebagai maskeran. Lakukan dengan rutin,sebelum mandi sore.

Bayam berkhasiat sangat baik bagi sistem pencernaan karena adanya kandungan serat tinggi.Di samping itu juga dapat menurunkan resiko terserang kanker,  mengurangi kolesterol, mencegah diabetes, menyembuhkan alergi, eksim, sakit punggung, rasa kejang jantung, mencegah kurang darah, memelihara kesehatan kulit, menjaga kesehatan usus, mengurangi pendarahan waktu haid dan disentri.

Bagian daun bayam terutama daun tua mampu menguatkan hati, selain itu daun bayam juga digunakan untuk tambah darah dan perawatan rambut.  Akar bayam banyak digunakan untuk demam, rematik dan juga penambah darah.  Bayam merah mampu mengobati kadar haemoglobin yang rendah (Hb darah rendah) dan untuk yang sering mengalami pendarahan serta mampu mengobati tekanan darah rendah (Hipertensi), sedangkan akar bayam merah digunakan untuk demam, radang rahim dan rematik.

Sayuran bayam yang banyak orang ketahui manfaatnya, pengolahan sayuran bayam lebih banyak digunakan sebagai sayur pelengkap hidangan waktu makan. Variasi lain dalam pengolahan bayam menjadi bentuk makanan lain tidaklah begitu banyak. Banyak orang belum mengetahui bahwa bayam juga bisa diolah menjadi makanan ringan seperti keripik bayam.

Berikut cara membuat kripik bayam.

Bahan-bahan :

Bahan Baku ( untuk 300 gr Kripik Bayam )

2 ikat bayam, pilih yang daunnya lebar.

250 gr tepung beras.

50 ml air.

500 ml minyak goreng.

Bumbu Untuk Resep Keripik Bayam :

5 siung bawang putih.

10 butir kemiri.

2 cm kunyit.

1 sdt garam.

Cara Membuat Resep Keripik Bayam.

Petik daun bayam cuci bersih dan tiriskan.Campur tepung beras, bumbu halus, dan air aduksampai rata.Panaskan minyak goreng, celupkan tiap lembar daun bayam kedalam adonan tepung, kemudian masukkan ke dalam minyak goreng panas. Kemudian goreng daun yang bercampur tepung adonan hingga matang dan kering, tapi tidak sampai terlalu gosong.Pastikan minyak untuk menggoreng benar-benar panas sehingga begitu dicelupkan, bayam akan mengambang dipermukaan minyak dan hasilnya akan lebih mengembang.

 

Penulis Lastri Ayu Liberta, Mahasiswa angkatan 2014, Program pendidikan Agroteknologi, Universitas Tanjungpura.

 

 

Previous Pilrek Untan Tunggu SK Menteri
Next Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *