Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan


google

Mimbaruntan.com,Universitas Tanjungpura-Buah pinang dalam bahasa latin Areca catechu, dalam bahasa Inggris Betel palm atau Betel nut tree.Hal ini karena pinang merupakan jenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik Asia dan Afrika bagian timur.

Untuk masyarakat Indonesia, sudah banyak yang mengenal pinang. Apa lagi yang tinggal di daerah pedesaan, tentunya sudah sangat akrab sekali dengan buah yang satu ini. Hal ini karena di daerah-daerah tertentu buah pinang bisa di jadikan sebagai salah satu hasil kebun yang menjadi penghidupan mereka.Biasanya ada Pabrik yang menampung buah pinang ini untuk di olah lagi menjadi bahan pembuatan Tinta Batik atau yang lainnya.

Adapun manfaat lainnya dari buah pinang ialah, dapat mengobati keluar darah yang berlebihan saat luka. Air rebusan biji pinang juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan dan hidung berdarah (mimisan).

Sakit pinggang akibat menahan beban yang berat, dapat disembuhkan juga dengan buah pinang. Caranya ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan hangatkan. Kemudian kompreskan di bagian yang sakit.

Selain sakit pinggang buah pinang dapat juga mengatasi penyakit kudis, dengan cara yaitu.
Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Lalu oleskan di bagian yang sakit.

Difteri juga dapat disembuhkan dengan buah pinang. Caranya, siapkan dua biji buah pinang.Kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Minumlah secara perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri.

Buah pinang juga dapat membantu menyembuhkan rabun mata. Caranya, kunyah buah pinang tersebut sampai mengeluarkan air. Kemudian air yang keluar tadi ditelan. Lakukan hal tersebut berulang-ulnag untuk mendaptkan hasil yang optimal.

Untuk kaum pria, buah pinang juga dapat meningkatkan gairah seks. Khasiat ini diketahui karena di dalam pinang terkandung arekolin. Caranya, ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil, kemudian kunyah dan makan. Cara lain,ambil satu biji buah pinang, kemudian haluskandan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas. Keduanya memiliki khasiat yang sama.

Selain itu, buah pinang juga dapat mengobati cacingan. Caranya, siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak,dan setengah jari rimpang kunyit. Semua bahan tersebut direbus kemudian disaring.Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan.

Mengobati telinga bernanah juga dapat diobati dengan buah pinang. Caranya,ambil akar buah pinang muda secukupnya,tumbuk halus lalu peras airnya.Bersihkan terlebih dahulu telinga yang sakit dengan kapas,setelah itu tetesi dengan air perasan pinang di bagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes.Sumbat telinga dengan kapas, agar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Penulis. Morni, Palentinus Rully Junardi, Muhammad Hidayat, Eva Yulianti, Alwandi, Desi Ratna Sari. Mahasiswa angkatan 2014, progam studi Budidaya Tanaman Perkebunan, Universitas Tanjungpura.

 

Previous Khasiat dan Manfaat Bayam
Next Pudek 1 Pertanian : "Kalau Mau Gondrong Jangan Kuliah di sini"

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *