Thamrin Kembali Jadi Rektor Untan


Mimbaruntan.com – Universitas Tanjungpura. Thamrin Usman terpilih kembali menjadi Rektor Universitas Tanjungpura dalam pemilihan rektor di lantai 3 Rektorat, Selasa (13/1). Suara Thamrin jauh mengungguli dua kandidat lainnya, Garuda wiko dan Abu Bakar Alwi. Thamrin meraih total 59 suara, sedangkan Garuda Wiko meraih 17 suara serta Abu Bakar Alwi meraih 13 suara.

Jalannya pemilihan kali ini berlangsung khidmat, pemilihan dimulai pukul 08.00 WIB. Hampir seluruh Senat hadir dalam pemilihan kali ini, hanya satu orang senat saja yang tidak bisa hadir karena sedang sakit dan Menteri sendiri di wakili oleh kuasa menteri, Prof. Agus Seperti, Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Dalam pemilihan ini tampak lengang, tak banyak petugas keamanan yang dikerahkan. Namun para petugas bersiaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bahkan para awak media yang ingin meliput tidak diperbolehkan untuk memasuki ruangan. Sehingga disediakan layar besar di lantai dasar rektorat.

Prof. Agus mengawali pencoblosan surat suara, diikuti Thamrin dan Abu Bakar, barulah kemudian diikuti para senat lainnya. Surat suara untuk menteri sendiri berjumlah 32 suara, sedangkan surat suara untuk senat berjumlah 57 suara hingga total 89 surat suara.

Dalam perhitungan suara, panitia membuka satu per satu surat suara. Diawali dengan suara yang memilih Thamrin, lalu berturut-turut suara memilih kandidat nomor satu ini. Barulah ketika suara Thamrin sudah mencapai 5 suara, panitia menyebut suara untuk Garuda dan diikuti Abu Bakar. Suara untuk Thamrin kemudian bertambah dan meningggalkan jauh kedua kandidat lainnya. Sampai suara Thamrin mencapai 43 suara, perolehan suara Garuda kemudian bertambah, selanjutnya sedikit demi sedikit suara Abu Bakar mulai merangsek naik. Thamrin memastikan kembali menjadi rektor karena perolehan suara memihak kepadanya sebanyak 59 suara.

“Saya akan membesarkan Untan kembali bersama-sama dengan civitas akademika yang ada di Untan,” ungkap Thamrin saat ditemui selesai pemilihan. Beliau juga mengatakan perolehan suara yang ia dapat masuk diakal mengingat waktu pemilihan diawal memang anggota senat memberikan kepercayaan kepadanya lebih banyak, kemudian Menteri dengan kriteria nasional yang sudah dimiliki serta pertimbangan-pertimbangan lain memberikan kepercayaan maksimum juga kepadanya.

Reporter: Iman

Previous Mahasiswa Disibukkan UAS Saat Pemilihan Rektor Untan
Next Terpilih Lagi, Thamrin Prioritaskan Kualitas Untan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *