You are here
Home > Utama > Rektor Untan: Harus Merdeka dari Ketergantungan  

Rektor Untan: Harus Merdeka dari Ketergantungan  

mimbaruntan.com,Untan—Indonesia merdeka sudah 70 tahun. Namun sampai saat ini Indonesia masih belum dapat mandiri dalam bidang teknologi. Belum lagi impor pangan yang terus mengalami peningkatan.

Hal tersbut disampaikan Thamrin Usman selaku rektor Untan. Thamrin juga mengatakan jangan sampai garam dan gula masih ketergantungan dengan negara lain. “Tidak  masalah si kalau suatu saat nanti akhirnya dari sektor ini(Garam dan gula) kita menggantungkan diri dari negara lain tetapi ada kompensasi, misalkan negara itu ketergantungan teknologi pada kita (Indonesia).” ungkapnya kepada mimbaruntan.com.

Begitupula lanjutnya, kemerdekaan terhadap bagaimana cara Indonesia bernegera dan  berbangsa. jangan sampai bangsa-bangsa lain tidak menghormati, apa lagi mengintervensi Indonesia. “Jangan berpikir semua yang baik datang dari negara maju. Ada yang baik dan ada yang tidak baik. Jadi mahaisiswa harus selektif dan jangan berpikir semua yang ada di dalam indonesia itu tidak baik,” katanya.

“Kita harus tampil dibidang-bidang yang mereka tidak kuasai,” ucap Thamrin yang sudah berumur 52 tahun ini.

Ia berharap pemerintah serius dalam upaya menyiapkan sumber  daya manusia (SDM) yang tangguh.“Karena sudah terbukti bahwa SDM yang tangguh berdampak positif kepada semua bidang aspek. misalkan aspek kesehatan dan aspek ekonomi, bahkan masuk dalam aspek kedaulatan,” pungkasnya.

Penulis: Irvan

Editor:Riko

Tinggalkan Balasan

Top