Badya: Kepolisian Sangat Mengawal Bencana Asap di Kalbar


mimbaruntan.com, Untan-Dalam upaya mengatasi bencana kabut asap yang melanda Kalbar, Kapolda telah mengeluarkan perintah untuk membentuk Satgas di masing-masing kabupaten yang ada di Kalbar. Menurut Badya selaku Direktur Sabara Polda Kalbar, dalam hal ini bukan hanya semata-mata tugas dari kepolisian, namun yang utama adalah tugas Pemerintah Daerah. “Sangat mengawal, apalagi lihat bencana asap sudah seperti ini, kita tidak tinggal diam, Polda, Polresta khususnya dan seluruh Polres sudah bergerak,”tegasnya.

Ditemui usai aksi damai “Kalbar Menggugat” di Bundaran Untan (11/9), Badya mengatakan bahwa saat ini Kapolda beserta tim sedang berangkat menggunakan helikopter, mendeteksi letak-letak kebakaran. Badya menilai, kebakaran lahan yang menimbulkan kabut asap, kemungkianan besar di lakukan oleh pihak perusahaan. “Jika terbukti kebenarannya, tentu sesuai dengan kebijakan Kapolda, perusahaan akan ditindak sesuai dengan tingkat kesalahannya, baik sanksi administrasi maupun sanksi pidana,” terangnya.

Badya berharap, masyarakat lebih peduli dengan tidak melakukan aktifitas pembakaran di sekitar rumah yang dapat memperkeruh kabut asap yang melanda Kalbar.“Kita berdoa sama-sama supaya hujan turun, cepat turun hujan, karena satu-satunya mungkin itu, turun hujan,”pungkasnya.

Penulis : M. Arif

Editor   : Septi DS

Previous Walhi Adakan Forum untuk Kesadaran Lahan di Kalimantan
Next Polda Kalbar Harus Periksa dan Tangkap Pelaku Kebakaran Lahan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *