Suarakan Cinta Bahasa Indonesia, Lewat Gebyar Bulan Bahasa  


mimbaruntan.com,Untan—Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bahasa Indonesia, sekaligus menyambut hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang, Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (Himbasi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengadakan Gebyar Bulan Bahasa yang berlangsung sejak 20 oktober hingga 7 November 2015. Rabu (21/10).

Kegiatan Gebyar Bulan Bahasa ini merupakan agenda tahunan dari Himbasi yang terdiri dari 3 jenis perlombaan. Diantaranya lomba debat tingkat Sekolah Menengah Atas, Karnaval Anak Sastra, dan Rangking 1. Untuk Lomba Debat ini diikuti oleh 30 tim yang berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Mempawah.

Menurut Najib Amrullah selaku ketua panitia, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membumikan kembali bahasa Indonesia yang mulai tergerus oleh zaman. “Temanya jadikan bahasa Indonesia tuan rumah di negeri sendiri, oleh karena itu tujuan dari Gebyar Bulan Bahasa ini untuk membumikan kembali bahasa Indonesia yang sudah mulai tergerus oleh zaman dengan harapan nantinya bahasa Indonesia lebih dipakai sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan khususnya buat para pemuda,” ungkapnya.

Selain itu menurut salah satu peserta yang mengikuti lomba debat, kegiatan ini memberikan dampak yang sangat baik terhadap dirinya karena dengan mengikuti perlombaan tersebut dia jadi lebih percaya diri serta menambah wawasan dan memahami aspek-aspek dalam debat. “Harapannya dengan adanya lomba ini mampu memupuk rasa cinta bahasa Indonesia kepada remaja khususnya pelajar,” ujar Rian Widiankasari, salah satu peserta dari sekolah Madrsah Aliyah Khulafaur Rasyidin Pontianak.

 

Penulis : Fitriani dan Lingga Permata Sari

Editor: Irvan

Previous Hadapi MEA, Dekan FKIP Upayakan Lulusan Berkompeten
Next Aksi APMKB  untuk Buruh PT. CTB

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *