Mahasiswa Harus Tingkatkan IPTEK dan Bahasa untuk Bersaing


Mimbaruntan.com, Untan- Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan bergulir pada awal tahun depan dan disambut berbagai kesiapan, khususnya oleh Perguruan Tinggi. “Kita di Perguruan Tinggi akan mempersiapkan, karena kita juga akan menjadi pemain, bukan penonton,” ujar Samion A.R, Rektor IKIP PGRI Pontianak, Jumat (23/10).

Menurutnya, mahasiswa harus menguasai IPTEK dan kemampuan bahasa harus ditingkatkan serta mengelolaan perguruan tinggi itu sendiri. “Ketika kita masuk ke MEA tersebut, maka kita harus mampu bersaing dengan orang asing,” tegasnya.

Ia mengatakan, di IKIP sendiri telah menyiapkan beberapa langkah untuk mempersiapkan diri misalnya kesiapan pribadi yang harus dimunculkan dalam beberapa aspek. “Kita di IKIP apa yang kita munculkan, yang kita munculkan adalah etika, budi pekerti serta karakter mahasiswa,” ucapnya.

Mahasiswa harus mempersiapkan diri dan jiwa kewirausahaannya juga ditingkatkan sehingga mampu bersaing dengan orang luar, mahasiswa dan masyarakat harus tekun. “Harus menekuni apa yang sedang kita hadapi dan dalami itu semua,” tuturnya.

Selain itu peran pemerintah dan Perguruan Tinggi sangat penting untuk membantu masyarakat agar lebih siap lagi menghadapi MEA.

Penulis  : Isa Oktaviani

Editor    :  Septi DS

Previous Begini Cara Dekan Kedokteran Siasati MEA
Next Peran Budaya Penting Hadapi MEA

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *