Peran Budaya Penting Hadapi MEA


Mimbaruntan.com, Untan – Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan peluang bagi bangsa Indonesia untuk bisa mengakses semua negara yang ada di ASEAN. Hal ini disampaikan Oleh Prof. H. Samion, selaku Rektor IKIP PGRI Pontianak bahwa dengan datangnya MEA, masyarakat khususnya di Kalbar harus mempersiapkan diri. “Kalau untuk bersaing di negara kita, kita masih punya kelebihan yaitu budaya yang hebat,” ungkapnya, Jumat (23/10).

Menurutnya, budaya-budaya yang luar biasa harus lestarikan dan harus dimiliki oleh masyarakat. “Budaya timur kita yang saat ini sangat terkenal harus selalu diterapkan dalam diri kita,” ujarnya.

Selain pengetahuan yang harus ditingkatkan, budaya sangat berperan penting untuk bersaing dengan orang luar. MEA ini tidak menjadi masalah jika kita bisa memanfaatkannya dengan benar.

Ia juga menambahkan, hal-hal yang bersifat softskill juga harus diperkuat. “Tidak hanya otak yang diarahkan, tetapi bagaimana memperkuat budaya dan nilai-nilai agama yang sudah ada, karena jika hal itu dihilangkan maka kita tidak akan mampu bersaing,” pungkasnya.

Penulis : Isa Oktaviani

Editor   :  Septi DS

Previous Mahasiswa Harus Tingkatkan IPTEK dan Bahasa untuk Bersaing
Next Dekan Teknik : Biaya Kuliah Sesuai Standar Nasional

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *