Menyikapi Isu Terhangat, HNP Gelar Seminar Technopreneurship


Seminar Technopreneurship di Aula Rektorat Lantai III
Seminar Technopreneurship di Aula Rektorat Lantai III

mimbaruntan.com, Untan—Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah digaungkan beberapa tahun lalu akan berlangsung di awal tahun 2016 mendatang. Kemampuan teknis dan jiwa kewirausahaan yang berbasis teknologi memang perlu pula disiapkan dan dikembangkan. Hal tersebut disampaikan oleh Edi Rusdi Kamtono, Wakil Walikota Pontianak kepada awak media usai membuka secara resmi “Seminar Technopreneurship Dalam Menghadapi MEA” di Rektorat lantai 3 Untan, (17/12).

Edi menambahkan bahwa kegiatan mahasiswa ini (seminar) merupakan satu diantara beberapa bentuk dalam menyikapi isu-isu terhangat terkait MEA, sehingga mahasiswa wawasannya lebih terbuka . “Kegiatan mahasiswa ini dalam rangka membaca dan menyikapi isu-isu terhangat, supaya peserta tahu apa itu MEA dan Technopreneurship,” imbuhnya.

Seminar yang diagendakanoleh HNP (Humanity Night Project) 2016 Fakultas Teknik Untan menghadirkan pemateri di antaranya Kartinah selaku Penata Muda Golongan 3A, Sutarto Dosen Fakultas Teknik Untan dan Enda Esyuda Founder Pontinesia.

Saat diwawancarai reporter Mimbar Untan di sela-sela seminar, Hafiz Presma BEM Fakultas Teknik Untan mengungkapkan bahwa pada dasarnya Seminar Technopreneurship ini merupakan upaya persiapan dalam menghadapi MEA. Namun menurutnya tanpa seminar ini, Pemkot Pontianak juga sudah melakukan berbagai persiapan. “Tanpa seminar ini pun, Pemkot sudah melakukan persiapan, cuma untuk tingkat mahasiswa pihak BEM sangat memkirkan ini, adek-adek kita perlu softskill seperti technopreneurship, ini tidak ada diajarkan di kampus,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh ketua panitia seminar, Wandi mengatakan bahwa dengan memahami technopreneurship dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dan kemampuan di bidang teknologi. “Jadi technopreneurship itu kita memahami bidang teknologi dan kewirausahaan, kita mengkolaborasikan anatara kemampuan di bidang masing-masing dan berteknolgi dengan memiliki jiwa menjual atau jiwa kewirausahaan,” tuturnya.

Wandi menjelaskan bahwa seminar ini juga turut mengundang pelajar yang ada di kota Pontianak, dari berbagai SMA, SMK, se-derajat. Menurutnya hal ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada para pelajar, meningkatkan semangat untuk memiliki jiwa enterpreneurship dan berjiwa kewirausahaan.

Seminar yang dilaksanakan pada Kamis pagi juga mendapat apresiasi oleh berbagai pihak. Sulaiman seorang peserta seminar dari MAN 1 Pontianak mengatakan, sangat antusias mengikuti jalannya seminar dan menrutnya seminar ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan. “Menambah pengetahuan, sebelumnya kita tidak tahu tentang MEA, di sini jadi tahu,” ujarnya.

 

Reporter : Muhammad Arif Rahman

Editor : Riko Saputra

 

Previous Banyaknya Pengunjung, Jembatan Tayan Diberi Pembatas
Next Kecelakaan Pick Up di Depan Fakultas Teknik

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *