Biaya Pembangunan Lapangan Golf Untan Capai 2 Milyar


Dok. Google
Dok. Google

mimbaruntan.com,Untan—Berawal dari penggarapan lahan kosong di sebelah gedung Anex Untan, penelusuran reporter mendapatkan hasil bahwa pembangunan ini terwujud atas kerjasama Untan dan CV. Cahaya Alam Golf.

Muhammad Ali, selaku Kapala Bagian Umum Hukum Tata Laksana dan Perlengkapan (UHTP) Untan menyatakan, bahwa tanah tersebut disewakan dari pada tidak digunakan. “Daripada tanah menganggur, jadi disetujui oleh rektor untuk kerja sama dengan CV. Cahaya Alam Golf,” ungkapnya (24/11).

Rencananya lahan seluas 1,5 hektar ini akan dijadikan sebagai tempat latihan golf atau Golf Driving Range. “Minimal lapangan golf itu 3,5 hektar, tapi Untan hanya 1,5 hektar. Jadi sekedar untuk latihan saja, maka dari itu dikatakan Golf Driving,” tambahnya.

Berdasarkan surat Nomor 004/CAG-PTK/IX/2015 yang diberikan CV. Cahaya Alam Golf kepada Rektor Untan, dana untuk pembangunan lapangan golf kurang lebih sebesar Rp 2.760.000.000,-. Seluruh dana berasal dari CV. Cahaya Alam Golf, karena Untan hanya menyewakan lahan kosong. “Keterlibatan Untan hanya sebagai kuasa pengguna barang, yaitu menyewakan lahan kosong,” kata Ali.

Akan tetapi pembangunan lapangan golf ini belum selesai. Surat perjanjian antara Untan dan CV. Cahaya Alam Golf belum bisa ditandatangani karena menunggu penilaian dari DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) terkait penetapan harga sewa lahan. Ali menuturkan DJKN berwenang melakukan penilaian karena dana pembangunan di atas 1 Milyar.

“Untuk menentukan kerjasama dengan pihak lain, untuk menentukan penilaian, harus melihat kewenangan masing-masing. Kalau sewa di atas 1 M, itu DJKN,” tegasnya. Ia juga menambahkan uang hasil sewa lahan akan masuk ke kas negara. “Untan hanya menyewakan lahan kosong, uang sewanya masuk ke kas negara.”

Kelengkapan sarana lapangan golf sebagai fasilitas pendukung Prodi Penjaskes FKIP Untan disediakan oleh CV. Cahaya Alam Golf. Fasilitas ini juga diusahakan gratis untuk mahasiswa. Namun alasan CV. Cahaya Alam Golf membangun lapangan golf di wilayah Untan masih belum jelas. Reporter telah berulangkali mendatangi kantor CV. Cahaya Alam Golf yang terletak di Jl. HRA. Rahman Gg. Lancang Kuning No. C322 untuk wawancara, tetapi sampai saat ini belum ada tanggapan dari CV. Cahaya Alam Golf.

Reporter : Azizah, Fitriani, Herly, Lulu

Editor: Irvan

Previous Tukang Parkir FKIP: Kalau Tidak Mau Bayar tidak Apa-Apa
Next Puisi Bang Miun Spesial Hari Ibu

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *