You are here
Home > Pendidikan > Mendikbud Minta Sekolah Harus Ajarkan Kejujuran & Integritas

Mendikbud Minta Sekolah Harus Ajarkan Kejujuran & Integritas

BEKASI – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meminta seluruh sekolah mengajarkan kejujuran dan integritas kepada anak didiknya. Pasalnya selama ini masyarakat seakan lupa memberi perhatian pada nilai-nilai etika, budi pekerti, kejujuran dan integritas.

Anies menyatakan pemerintah akan mendorong para kepala sekolah, guru yang menjaga integritas karena sekolah-sekolah dengan angka integritasnya tinggi justru akan mendapat apresiasi dari pemerintah. “Pemerintah akan menonjolkan indeks integritas. Kurangnya integritas ini berakibat banyak sekali korupsi. Sekolah dan rumah yang harus mengajarkan soal integritas itu,” kata Anies dalam sambutannya pada peresmian gedung baru SD SIS-SMPIT/SMAIT Insan Mandiri Cibubur, Bekasi, Senin (21/12/2015).

Anies optimis Sekolah Insan Mandiri Cibubur akan mampu menjadi sekolah yang menjaga integritas dan menjadi sekolah Islam pertama dengan kemampuan mengajarkan kejujuran untuk menjawab tantangan di masa depan. Anies melanjutkan, ke depan ujian nasional (UN) hasilnya ada dua komponen, yakni capaian di bidang studi dan komponen integritas.

Integritas sendiri, menurut Anies, merupakan dasar dari karakter moral. Sehingga ketika integritas tersebut goyah maka runtuhlah segala karakter moral lainnya.”Menumbuhkan integritas sebagai prinsip yang kokoh dalam diri siswa sama halnya dengan memastikan masa depan Indonesia bersih di tangan calon pemimpin bangsa,” papar Anies.

Anies menuturkan, selama ini kita lupa memberi perhatian pada nilai-nilai etika, budi pekerti, kejujuran dan integritas. “Saya minta kepada semua pihak, termasuk kepala sekolah dan guru untuk tidak mengotori  siswa kita dengan aktivitas yang curang,” tuturnya.

Ketua Umum YPSJ Bekasi Ichsan Thalib mengemukakan, SD SIS SMPIT/SMAIT Insan Mandiri Cibubur, merupakan salah satu sekolah Islam tepadu yang mengusung konsep Islamic Boarding School. Diharapkan dari sekolah ini akan meluluskan generasi bangsa yang rabbani, pemimpin ideal, sebagai pemersatu umat dan bermanfaat bagi umat disekelilingnya.

sumber : http://nasional.sindonews.com/read/1071262/144/mendikbud-minta-sekolah-harus-ajarkan-kejujuran-integritas-1450694872

Tinggalkan Balasan

Top