You are here
Home > Utama > Untan Masih Belum Menjadi BLU

Untan Masih Belum Menjadi BLU

mimbaruntan.com, Untan –Universitas Tanjungpura mengadakan seminar nasional untuk pengelolaan PTN BLU dan pengendalian internal, Kamis (17/3) di Gedung Rektorat Lantai III. Seminar ini dihadiri oleh Rektor Untan Prof.Dr.Thamrin Usman DEA bersama Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Prof.Dr.Jamal Wiwoho.SH.M.Hum.

Dalam sambutannya, Thamrin menyampaikan bahwa Untan masih menjadi satuan kerja (satker)belum mejadi BLU. “Minta bantuan juga kepada dirjen, bahwa Untan ini jangan dipanggil satker terus, karena ketika rektor-rektor kumpul masih ada rektor yang satker,”ungkapnya.

Ia menambahkan, agar Untan berubah status menjadi Badan Layanan Umum (BLU) maka pihaknya akan menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan.”Dalam waktu dekat ini kami akan menyerahkan dokumen revisi barunya tapi data yang sebelumnya sudah siap,”ujarnya.

Tetapi, menurut Jamal Wiwoho sebenarnya Untan sudah bisa naik status menjadi BLU karena sudah memenuhi syarat seperti Untan sudah memiliki lebih dari 200 guru besar dan doktor, tata kelola yang bagus serta jurnal yang bagus. “Dilihat dari fisik keuangan dan sebagainya, semestinya sudah naik menjadi BLU bukan satker lagi,”ujarnya.

Menurut asasnya, BLU beroperasi sebagai unit kerja kementerian negara/lembaga/pemerintah daerah untuk tujuan pemberian layanan umum yang pengelolaannya berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh instansi induk yang bersangkutan dan rencana kerja dan anggaran serta laporan keuangan dan kinerja dan BLU disusun dan disajikan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rencana kerja dan anggaran serta laporan keuangan dan kinerja kementerian negara/lembaga/SKPD/pemerintah daerah.

Penulis : Suryansah

Editor : Isa Oktaviani

 

Tinggalkan Balasan

Top