Pemilihan BEM dan DPM Untan Akan Dilakukan Secara Serentak


Rektorat Universitas Tanjungpura

mimbaruntan.com, Untan – Pemilihan raya mahasiswa akan dilakukan secara serentak antara pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) pada bulan Mei mendatang. Pemilihan ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada tahun lalu, pemilihan raya mahasiswa hanya dilakukan untuk pemilihan BEM saja.

“PEMIRAMA tahun kemarin itukan BEM aja, kalau tahun ini kan ada DPM nya juga,” Ungkap Frianto Daud selaku ketua Komisi B di DPM Untan. Senin (28/1).

Menurut Frianto Daud, syarat pemilihan BEM masih sama dengan tahun sebelumnya, yang berbeda hanya waktu pelaksaannya bersamaan dengan pemilihan DPM. Sebelumnya, pemilihan DPM Untan itu dilakukan secara delegasi oleh Fakultas yang ditandai dengan surat delegasi secara langsung oleh BEM Fakultasnya itu sendiri. “Sistem pemilihan Dewan Perwakilan Mahasiswanya atau DPM nya karena tahun yang sebelumnya pemilihan DPM untan ini adalah delegasi dari fakultas yang ditandai surat delegasi dari bemnya, Tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa, sosialisasi pembentukan Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa (KPRM) akan dilaksanakan mulai Selasa Tanggal 29 Maret 2016 dan akan di mulai pembukaan pendaftaran KPRM dan PANWASRAM pada tanggal 29 Maret sampai 1 April 2016. Tahap seleksinya dimulai pada tanggal 2 sampai 3 April 2016 dan tahap penetapan anggota KPRM dan PANWASRAM pada tanggal 4 April 2016. Pembuatan pamflet dan banner akan segera dilakukan oleh DPM Untan untuk ditempelkan di setiap Fakultas yang ada di Untan. “Sosialisasi pembentukan KPRM akan dilaksanakan mulai besok, nanti kita dari DPM akan membuat pamflet ditempelkan tiap-tiap fakultas, tapi satu fakultas lima pamflet dan bisa lebih karena di Untan inikan ada fakultas yang jumlah gedungnya banyak,” jelasnya.

Persyaratan pendaftaran Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa (KPRM) dan Panitia Pengawas Pemirama (PANWASRAM) : Mengisi Formulir,  menyerahkan fotocopy KTM sebanyak dua lembar,  menyerahkan poto berwarna ukuran 3×4 sebanyak dua lembar, mahasiswa aktif semester 4 sampai 6 dibuktikan dengan KTM aktif, bersedia mengikuti tahapan seleksi yang ditetapkan oleh panitia seleksi, yaitu administrasi dan wawancara, membuat surat pernyataan bersedia menyelesaikan tugas dan tanggung jawabselama menjadi anggota KPRM dan PANWASRAM, tidak merupakan pengurus aktif DPM dan BEM Fakultas maupun Universitas dibuktikan surat pernyataan bukan pengurus, sehat jasmani dan rohani, mampu bekerjasama dalam tim
Formulir pendaftaran dapat diambil di Sekretariat DPM untan.

Menurutnya, jumlah yang akan diterima sudah ditentukan. “Yang diterima nanti ada delapan belas orang untuk KPRM dan delapan belas orang untuk PANWASRAM. Delapan belas orang ini kita mengambil dari satu fakultas dua perwakilan, jadi berapapun  yang daftar kita tidak ada batasan tetapi yang kita terima itu delapan belas orang saja,” tuturnya.

Penulis  : Dadang Ms
Editor    : Isa Oktaviani

Previous Informasi SBMPTN 2016
Next Ayo..Bergabung Menjadi Anggota LPM Untan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *