Tidak Efektif Peminjaman Buku Dengan Sistem Tertutup


mimbaruntan.com, Untan – Perpustakaan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mencari ilmu melalui pengadaan buku-buku. Sistem peminjaman buku di perpustakaan ada dua cara, yakni cara tertutup dan terbuka. Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura menggunakan sistem tertutup. Tempat yang terbilang sempit menjadi salah satu alasan dibuatnya sistem peminjaman buku secara tertutup.

“Ini kan baru dibuka, dulu kan sempit. Kalau semuanya dibolehin masuk, itu kan jadi tambah crowded,” ungkap Rachmawati selaku Ketua Pengelola Perpustakaan, Jum’at (15/4).

Ia juga mengatakan, faktor keamanan pun menjadi salah satu alasan dibuatnya sistem seperti ini. “Karena kita kan harus ngeliat satu-satu. Kemungkinan untuk mereka-mereka yang punya itikad tidak baik mengambil buku yang bukan haknya kan bisa juga kita hindari,” tambahnya.

Rachmawati menjelaskan bahwa Sistem peminjaman buku di perpustakaan fakultas hukum masih menggunakan katalog manual melalui buku ataupun katalog berbasis internet, dan buku yang di inginkan mahasiswa akan di ambilkan langsung oleh petugas perpustakaan.
“Katalog masih manual, tapi sekarang masih menginput data-data. Kita ada pakai sistem komputer juga,” ujarnya.

Handoko diantara mahasiswa fakultas hukum Untan merasa sistem peminjaman buku dengan sistem tertutup sangat tidak efektif. Menurut Handoko sistemnya dibuat secara terbuka saja.
“Ketika kita sedang lihat-lihat kan ada buku yang menurut kita menarik, sehingga bisa kita langsung baca,” jelasnya.

Menurut handoko Untuk pencegahan terjadinya kehilangan buku, bisa diadakan persyaratan tertentu. “Misalnya tidak boleh bawa tas ke dalam,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nurhasanah mahasiswa fakultas hukum, menurutnya sistem ini juga dirasa kurang efektif, karena membuat mahasiswa tidak leluasa. “Kalau bebas nyari sendiri, kan kita bisa lebih leluasa untuk mencari buku yang kita inginkan,” tuturnya.

Nurhasanah menambahkan bahwa perpustakaan itu haruslah nyaman. “Buatlah senyaman-nyaman nya perpustakaan agar mahasiswa bisa nyaman di perpustakaan sehingga mahasiswa bisa banyak membaca buku,” pungkasnya.

Penulis : Fira & Lulu
Editor : Dadang Ms

Previous Sistem Keamanan Di Fakultas Pertanian Masih Kurang:
Next GEMPA Akan Menyelenggarakan LKG Se-Kalimantan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *