Jadilah Relawan Guru Sehari Bersama 1000 Guru Kalbar


1000 Guru Kalbar

mimbaruntan.com, Untan – 1000 Guru Kalbar merupakan  salah satu regional dari Gerakan 1000 Guru  di Indonesia yang berdiri pada tanggal 2 Mei 2015 dan di koordinatori oleh Modesta Wisa. Diawal terbentuknya, 1000 Guru Kalbar terdiri atas tim inti, yaitu Modesta Wisa dan Relawan yang berjumlah kurang lebih 25 orang. Kami yang bergabung berasal dari latar belakang pendidikan dan profesi yang berbeda-beda namun memiliki kesamaan tujuan untuk ikut ambil andil dalam usaha “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Kami menapak pedalaman dan pelosok Kalbar serta perbatasan dengan Negeri Tetangga untuk turut mengembangkan semangat pendidikan anak Sekolah Dasar dan mengeksplore kekayaan alam dan budaya Indonesia.

1000 Guru Kalbar bukan berarti komunitas yang beranggotakan 1000 orang Guru akan tetapi nama 1000 Guru dimaksudkan bahwa siapapun bisa menjadi pendidik tanpa harus menyandang gelar guru. Disini semua kalangan tanpa batasan profesi kesehariannya bisa ikut merasakan menjadi seorang “Guru Sehari” di pelosok atau pedalaman daerah.

Di daerah pedalaman dan perbatasan, pendidikan adalah kebutuhan yang sangat mahal, gedung sekolah memang baik, tapi kualitas pendidikan sangatlah berbeda dengan pendidikan kota besar lainnya yang kita temui saat ini. Semua orang bisa menjadi Pendidik dimanapun berada. Oleh karena itu pada kegiatan ini kita memulai perjalanan, membantu dan mengajar mereka, anak-anak serta guru-guru pedalaman di perbatasan daerah kita.

Program utama 1000 Guru Kalbar adalah Traveling & Teaching (TNT). Kami mengajak semua kalangan baik professional maupun mahasiswa untuk ikut berpartisipasi sebagai “Guru Sehari” di sekolah yang berada di pelosok atau pedalaman. Selain menjadi “Guru Sehari”, juga ada kegiatan sosial lainnya, seperti pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan untuk warga setempat, renovasi sekolah serta memeberikan donasi berupa alat tulis untuk pelajar di daerah yang kami datangi.

Kami juga mengajak peserta TNT untuk menikmati keindahan alam dan menyaksikan kekayaan budaya warga pedalaman yang masih terjaga di tengah kehidupan modernitas ini. Kegiatan TNT 1000 Guru Kalbar sudah berlangsung tiga kali yang berlangsung di beberapa daerah di Kabupaten yang berada di Kalimantan Barat. Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2016 Komunitas 1000 Guru akan melaksanakan TNT serentak di seluruh regional. Di regional Kalimantan Barat sendiri merukapakan TNT ke-4 yang akan berlangsung dari tanggal 5 – 8 Mei 2016 di Kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau.

Relawan yang berpartisipasi hanya membayar Rp 400.000,-, biayanya sudah termasuk transportasi, kaos, konsumsi, dan donasi. Bonus dari TNT ini para relawan dapat menikmati kekayaan alam di kawasan Riam Masam Kabupaten Sanggau karena akan ada Booth Camp di sekitar Riam tersebut

Pendaftaran relawan dibuka sejak tanggal 18 hingga 23 April 2016. Cara mendaftarnya cukup dengan mengisi formulir yang dapat diunduh di http://bit.ly/1VlLSig dan pengembalian formulir dapat dikirim langsung ke seribuguru.kalbar@gmail.com. Pengambilan dan pengembalian formulir bisa langsung ke Sekretariat ”1000 Guru Kalbar” di Jl. Jambu Mente Ruko Askrindo No 24A, Pontianak. (Untuk info bisa hubungi Chei : 089516474793 / line: seriaprianipn)

Penulis : Redaksi 1000 Guru Kalbar
Editor : Isa Oktaviani

Previous Dekan FK : Kunjungan Ini Termasuk ke Dalam Progja
Next Launching 19 Penulis FIM

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *