Andre : Kualitas Pendidikan Indonesia Tidak Kalah Dengan Negara Lain


sumber gambar : https://nisabollong.files.wordpress.com/2012/04/122602_anak-sekolah_641_4521.jpg

mimbaruntan.com, Untan – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati tanggal 2 Mei 2016 mengulas kualitas pendidikan saat ini. “Secara umum sebenarnya kualitas kita tidak kalah dengan luar negeri,” tegas Andre selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Dinas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pontianak, Selasa (2/5).

Ia menambahkan meski kualitas pendidikan tidak kalah dengan negara lain, tetapi Indonesia mengalami  banyak kendala. “Masih banyak yang perlu diperbaiki, menyangkut infrastruktur, bahan ajar, dan faktor-faktor yang mendukung pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Mashudi,ia mengatakan bahwa seharusnya sekarang harus berdampak positif bagi peserta didik itu sendiri. “Sekarang pendidikan kita lebih bagus, sekarang konsep pendidikan itu berubah kalau dulu itu misalnya observasi saja hanya melihat, sekarang namanya observasi itu melihat bukan hanya melihat disitu saja tetapi dimana saja,” jelasnya.

Ia melanjutkan, perkembangan zaman sangat mempengaruhi juga pendidikan, “kalau dulu itu mahasiswa susah mau lulus, kalau sekarang mahasiswa paling cepat 3 tahun 2 bulan, misalnya,” ungkap Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Agus Sastrawan, selaku Dosen menuturkan pendidikan Indonesia sudah cukup baik, namun saat ini masih ada kekurangan dan kualitas guru juga perlu ditingkatkan, ”minimal seorang guru bergelar Strata 1 (S1), walaupun kenyataannya masih banyak yang belum S1,” ungkapnya

Ia berharap kualitas guru di Indonesia lebih baik lagi,” harapan saya, pertama, kualitas guru harus ditingkatkan lagi, juga kesejahteraan guru perlu diperhatikan. Kemudian sarana dan prasarana belajar lebih ditingkatkan lagi,”tuturnya.

Penulis : Desi Andari
Editor   : Isa Oktaviani

Previous APMKB Peringati Hari Buruh Internasional
Next Peringati Hardiknas, Ini Yang Dilakukan Komunitas Di Kalbar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *