You are here
Home > Utama > Aswandi : Mental Pendidikan Orang Indonesia Kurang Baik

Aswandi : Mental Pendidikan Orang Indonesia Kurang Baik

mimbaruntan.com, Untan – Pencapaian pendidikan yang ada di Indonesia tidak ada hasil yang begitu signifikan, dari tahun ke tahun tetap sama. Hal ini disampaikan oleh Aswandi selaku Wakil Rektor I (WR I) Universitas Tanjungpura (Untan), Senin (2/5).

Menurutnya pemerintah sudah berusaha melakukan perubahan, akan tetapi harus selalu di evaluasi setiap tahunnya. “Setiap dilakukan perubahan mesti dievaluasi, karena belum tentu perubahan itu akan dievaluasi menteri selanjutnya,” ungkapnya.

Aswandi menceritakan pengalamannya pada saat ia berada di Jepang, ia menjelaskan bahwa mental orang Jepang sangat bagus di bandingkan dengan mental orang Indonesia.

“Orang Jepang itu semuanya tertib, apapun mereka tertib. Mental orang Jepang bisa bagus karena mereka disiplin. Padahal notabene orang Jepang tidak ada agama, mereka hanya berlandaskan pada kebudayaan tetapi bisa teratur,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa, hal berbeda yang terjadi pada Negara Indonesia, penduduknya yang ramai dinilai memiliki mental yang kurang baik, ini terjadi karena tidak adanya kedisiplinan. “Mental kita ini pembohong, perampok, pencuri,” pungkasnya.

Untuk memperbaiki mental tersebut, harus dilakukan secara perlahan bukan disampaikan secara materi pelajaran. Hal itu bisa dilakukan dengan kebiasaan yang sudah dibangun dari hal-hal yang kecil. “Jujur yang lainnya kan ngikut dan disiplin atau sopan santun,” tambahnya.

Penulis : Isa Oktaviani
Editor : Dadang Ms

Tinggalkan Balasan

Top