PMB FEB 2016: Menciptakan Mahasiswa Teladan Dan Merdeka Dari Kekerasan


pmb feb untan 2016 di gedung BI
pmb feb untan 2016 di gedung BI

mimbaruntan.com , Untan  – Sebanyak 350 mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untan mengikuti serangkaian kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) di Aula (red-Gedung) Bank Indonesia (BI) Jl. A. Yani (29/8). PMB FEB 2016 ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan mahasiswa baru ketika masuk ke FEB.

Kali ini PMB FEB mengusung tema “Generasi Emas dan Generasi Teladan”, hal ini bermaksud agar menjadi pembeda dengan fakultas lain, menciptakan mahasiswa yang tidak bertentangan dengan hukum dan sudah terbebas dari kekerasan fisik. “Jadi kita menciptakan mahasiswa yang teladan yang merdeka dari kekerasan,” ujar Muhammad Fadel selaku ketua panitia.

Fadel menuturkan bahwa pada tahun ini sekitar 700 mahasiswa mengikuti PMB, namun dibagi menjadi dua tempat yaitu sebanyak 350 di Gedung Magister Manajemen dan 350 di Gedung BI. Walaupun digelar di tempat yang berbeda, tetapi peserta mendapatkan materi yang sama.

Ia juga mengatakan, PMB kali ini menggunakan sistem switch, artinya sebagian mahasiswa yang telah mengikuti serangkaian kegiatan PMB di Gedung BI keesokan harinya akan bergantian mengikuti PMB di Gedung Magister Manajemen, begitu pula sebaliknya. Fadel berharap agar PMB kali ini sukses tanpa kekerasan. “Ya seperti tema kami, Insya Allah tidak akan ada kekerasan,” harapnya.

Kamarullah selaku Wakil Rektor III mengungkapkan bahwa PMB boleh dilakukan di luar kampus, karena masing-masing fakultas mempunyai program yang berbeda. “Ya boleh saja, karena BI menyangkut tentang ekonomi juga, selama program itu baik dalam rangka pengenalan pendidikan pengajaran dan berkaitan kemahasiswaan tidak jadi masalah,” lugasnya.

Menurutnya yang membedakan adalah prinsip ilmu namun tetap mengarah kepada prinsip pemahaman pembelajaran masing-masing fakultas. Lanjut Kamarullah, selama berkaitan dengan pemahaman pengenalan terhadap dunia pendidikan perguruan tinggi tentu dibolehkan. “Ya jalani saja, karena kegiatan itu memberikan manfaat pemahaman, pengenalan dan pengetahuan dalam sistem pembelajaran dan kegiatan itu sudah sering dilakukan Fakultas Ekonomi, itu juga ada manfaatnya,” ujarnya.

Kamarullah berharap pula agar PMB kali ini dapat berjalan dengan baik, lancar, tertib dan damai. Dikarenakan hal tersebut merupakan proses pengenalan dan pemahaman pengetahuan agar mahasiswa baru dapat beradaptasi di dunia Perguruan Tinggi. “Sistem pendidikan SMA tentu berbeda dengan Perguruan Tinggi, maka kita perlu mengenalkan dan memberi pemahaman sehingga mereka mudah untuk beradaptasi dan tidak canggung dengan pendidikan di Perguruan tinggi,” pungkasnya.

Penulis : Umi
Editor  : A.Rahman

Previous KSR PMI Unit Untan Jadi Tim Pertolongan Pertama
Next Faperta Undang Kodam Hari Pertama PMB

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *