Wujudkan Kedaulatan Pangan, Formatani Akan Gelar EDPI di Dearah Perbatasan


eknas edpi 2016
eknas edpi 2016

mimbaruntan.com. Untan-  Forum Mahasiswa Agroteknologi  Indonesia (Formatani) akan menggelar Ekspedisi Nasional yaitu Ekspedisi Daulat Pangan Indonesia (EDPI) 2016. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 29 September-06 Oktober 2016 di Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.

Tema yang diusung dalam kegiatan EDPI kali ini ialah “Mengembangkan Potensi Pertanian di Daerah Perbatasan Dalam Upaya Mewujudkan Kedaulatan Pangan”. Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa Agroteknologi yang terhimpun dalam Formatani dari 33 Universitas di Indonesia dan terdiri dari 120 peserta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk  menjalin silaturahmi antar mahasiswa Agroteknologi se-Indonesia yang terhimpun dalam Formatani dan juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat kampus dan pemerintah kepada masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia. Selain itu, sebagai ajang untuk memromosikan kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kalimantan Barat,” ujar Sona selaku Ketua Panitia, Selasa (27/9).

Kegiatan EDPI kali ini yang bertindak sebagai tuan rumah adalah Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. Sona mengatakan bahwa yang menjadi panitia inti dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagrotek) Faperta Untan.

”Tahun ini yang bertindak sebagai tuan rumah ialah Untan Pontianak dan yang menjadi penggerak kegiatan tersebut merupakan Himagrotek Faperta Untan,” ungkapnya.

Sona juga menambahkan bahwa kegiatan ini akan diikuti pula Dekan Faperta Untan dan Bupati Kabupaten Sambas beserta dinas yang terkait. Ia juga berharap, melalui kegiatan EDPI ini permasalahan pertanian yang ada di daerah perbatasan dapat teratasi.

“Harapan saya semoga dengan acara ini dapat terjalin kerjasama dan komunikasi yang baik antar mahasiswa agroteknologi se-Indonesia dan semoga permasalahan pertanian yang ada di perbatasan dapat teratasi,” pungkasnya.

 

Penulis  : Mislan

Editor    : A.Rahman

Previous Rustamadji Anggap Hanya Melaksanakan Peraturan Kementerian
Next Peduli Pangan, Formatani adakan EDPI di Perbatasan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *