Kenang Momen Sumpah Pemuda, AJMKB Tuntut Pemuda Mahasiswa Untuk Sadar dan Bangkit


aksi ajmkb
aksi ajmkb

mimbaruntan.com, Untan – Sejak pagi tadi, Bundaran Digulist tampak ramai dan dipadati oleh sekumpulan mahasiswa dan pemuda dari berbagai aliansi dan organisasi yang silih berganti menggelar aksi memperingati Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10). Salah satunya ialah Aliansi Jurnalis Mahasiswa Kalimantan Barat (AJMKB) yang menggelar aksi damai sejak pukul 09.00 WIB.

Dalam aksinya tersebut, belasan jurnalis mahasiswa yang tergabung dalam AJMKB ini menjadikan momen Hari Sumpah Pemuda untuk menuntut pemuda/mahasiswa dan birokrat kampus. Arif Rahman selaku koordinator lapangan mengatakan, dalam aksinya ini mereka menuntut  pemuda dan mahasiswa agar kembali sadar, bangkit, berjuang dan tetap bersikap kritis, karena pada hakikatnya pemuda dan mahasiswa adalah mereka yang memperjuangkan keadilan dan menyuarakan kebenaran.

“Mahasiswa kini cenderung hedonis, apatis dan pragmatis. Walaupun masih ada sekumpulan mahasiswa yang menuntut kebenaran namun jumlahnya tak sebanding dengan persoalan bangsa yang terjadi saat ini,” tegasnya.

Ada beberapa faktor, kata Arif, yang menyebabkan meredupnya sikap kritis dan gerakan mahasiswa saat ini, seperti  sistem pendidikan yang membatasi masa studi, gerakan yang tidak terkonsolidasi, tekanan dari pihak kampus yang membatasi menyampaikan suara kritisnya, dan terjebak  kemajuan zaman seperti lebih asyik dengan gadget-nya dan kurang peduli dengan kehidupan sosialnya. “Miris melihat mahasiswa saat ini, memang ada beberapa faktor yang menyebabkan meredupnya sikap kritis dan gerakan mahasiswa saat ini,” jelasnya.

Arif menambahkan, dalam aksi tersebut mereka juga menuntut birokrat kampus agar memberikan mahasiswa kekebasan dalam berekspresi dan tidak melakukan intimidasi terhadap mahasiswa yang bersikap kritis. “Berikan kebebasan mahasiswa untuk berekspresi dan menyampaiakan pendapat,” tambahnya.

“Untuk langkah selanjutnya, karena kami jurnalis mahasiswa kami mencoba terus memberi perubahan terutama dari kami dulu untuk terus membangkitkan semangat intektual, bersikap kritis, melalui diskusi-diskusi dan pastinya melalui karya dan tulisan,”pungkasnya.

 

Penulis  : Suryansah

Editor    : Dadang MS

Previous Sebanyak 1588 Orang Mahasiswa Untan Di Wisudakan
Next Peringati Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Fisip Untan Gelar Aksi Damai Tuntut Transparansi UKT Di Untan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *