BPJS Kesehatan Kota Pontianak Adakan Seminar Gerakan Nasional Dalam Pemeriksaan IVA


mimbaruntan.com, Untan – Program kesehatan dari pemerintah pusat melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Pontianak, bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE), kabinet kerja dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  melakukan kegiatan seminar gerakan nasional dalam pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) bagi perempuan. Kegiatan tersebut berlangsung di puskesmas, jalan Purnama, Kelurahan Akcaya, Pontianak Selatan, Kamis (24/11).

Saptiko selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pemeriksaan Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Pontianak, mengatakan bahwa kaum perempuan sangat rentan terhadap penyakit seperti kanker serviks dan kanker payudara. “Kaum perempuan harus memeriksakan kesehatan di puskesmas terdekat sebagai upaya pencegahan sejak dini. Seluruh puskesmas di Kota Pontiank sudah bisa melakukan pemeriksaan IVA,” ungkapnya.

Wakil tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Pontianak, Yanieta Arbiastuti, menjelaskan bahwa bagi tenaga pendidik khususnya guru perempuan harus hidup sehat karena mereka membangun SDA sejak dini. “Guru perempuan juga harus sehat, karena yang diajar itu merupakan sumber daya manusianya. Jadi guru-guru perempuan yang ada di Kota Pontianak segeralah melakukan pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara di puskesmas terdekat,” tuturnya.

Penulis : Suryansah
Editor : Dadang Ms

Previous Mempersatukan Mahasiswa Angkatan 2016, FT Untan Adakan SG 1
Next LSMI Al-Istiqomah Gelar Seminar Islam dan Teknologi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *