SMA Kristen Immanuel Raih Juara Lomba Kreativitas dan Inovasi 2016, Apa Karyanya?


para pemenang lomba kreativitas dan inovasi 2016
para pemenang lomba kreativitas dan inovasi 2016

mimbaruntan.com,Untan– Lomba Kreativitas dan Inovasi 2016 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik Untan telah menetapkan peserta yang berhak menjadi pemenang. Mereka adalah David Purwanto dan David Setiawan, tim dari SMA Kristen Immanuel Pontianak yang sukses menyabet juara satu, Senin (28/11).

Dua siswa ini merancang lampu sein motor yang dapat mati secara otomatis setelah jarak 60 km. “Dijalan sering ketemu dengan lampu seinnya yang lupa mati jadi tuh nggak tau mau kemana. Saya sendiri juga kadang lupa matikan lampu sein sih,” jelas David Purwanto, Senin (28/11).

Ia menambahkan, sangat bersyukur atas kemenangan yang diraih timnya dalam lomba ini. “Terimakasih pada Tuhan, pada orang tua, pada pembimbing,” tambahnya.

Ivan salah satu juri lomba mengatakan bahwa dari 14 proposal yang masuk telah dilakukan seleksi awal sehingga tersisa 10 tim yang dilombakan dan langsung untuk melakukan presentasi. “Seleksi awal terkait dengan tata tulis, redaksional, penggunaan bahasa Indonesia yang baik terkait dengan tulisan mereka,” katanya.

Ivan yang juga dosen Teknik Industri Untan menambahkan, karya tim yang menjadi juara satu ini sudah bisa diuji coba. Menurutnya berbeda dengan karya peserta lain yang hanya sampai tahap kajian berdasarkan referensi dan literatur.

“Produknya ada sehingga bisa kita lihat aplikasinya seperti apa kemanfaatannya untuk masyarakat secara luas. Sementara kalau yang lain kebanyakan baru sampai tahap kajian,” tambahnya.

Kegiatan ini pun mendapat respon baik dari Gunawan selaku guru pembimbing SMA Kristen Immanuel Pontianak. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini berbeda dibandingkan lomba yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) lain. “Kalau untuk yang lain temanya lebih spesifik, untuk IPA misalnya. Kalau yang ini IPS juga bias,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, kata Gunawan, diharapkan ke depannya dapat dipublikasikan lebih luas agar jumlah peserta yang ikut lebih banyak lagi. “Kalau gaungnya lebih gede kayaknya lebih wah, meskipun hadiahnya nggak seberapa selama gengsinya naik, wah itu oke,” harapnya.

 

Penulis  : Sekar dan Fidya

Editor    : A.Rahman

Incoming search terms:

  • SMA KRISTEN(IA
Previous Bangkitkan Semangat Inovatif Pelajar, HMTI FT Untan Gelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Tingkat SMA Se-Kalbar
Next Peringati Hari AIDS Sedunia, HMS Fisip Untan Gelar Aksi Solidaritas

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *