Angkat Potensi Daerah Perbatasan, KMKS Selenggarakan Seminar


mimbaruntan.com, Untan – Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) menggelar Seminar Perbatasan, Sabtu (17/12). Seminar yang diadakan di Aula Badan Pembangunan Perbatasan dan Daerah Tertinggal Pontianak ini mengusung tema “Mengangkat Potensi Perbatasan Dalam Mendorong Daerah Otonomi Baru (DOB)”.

Seminar ini menghadirkan pemateri Milton Crosby, Eddy Suratman, Suriansyah, dan Manto Saidi. Dihadiri pula sekitar 287 mahasiswa yang berasal dari kabupaten Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang, dan Kapuas Hulu serta organisasi kepemudaan lainnya.

Eko Wahyudi selaku ketua panitia mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat (daerah perbatasan). “Tujuan Yang pertama meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dengan menggali potensi ekonomi, sosial, budaya, serta keuntungan lokasi geografis yang sangat strategis dan berhubungan langsung dengan negara tetangga,” jelasnya.

Ia menambahkan, seminar ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah perbatasan yang masih dibawah standar kelayakan. “Kemudian untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di daerah perbatasan yang sekarang ini masih dikatakan dibawah standar kelayakan,” tambahnya.

Milton Crosby satu diantara pemateri yang juga membuka acara berharap, dengan diadakannya seminar ini dapat menjadikan kita satu visi dalam membangun Indonesia di masa mendatang.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadikan kita satu visi yang sama, langkah yang sama, kita tahu bagaimana lakon kita masing-masing nantinya untuk membangun Indonesia yang lebih kuat, lebih maju, Kalimantan Barat yang hebat di masa yang akan datang,” harapnya.

Ia juga menambahkan agar seminar tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabar di masa depan. “Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat bagi masyarakat Kalbar dan masyarakat Indonesia ke depan,” tutupnya.

 

Penulis : Nurfidya Assyifa

Editor   : A.Rahman

Previous Eddy Suratman: Ketertinggalan Daerah Perbatasan Disebabkan Minimnya Infrastuktur
Next Rusman Ali: Saling Hormat, Norma Dasar Masyarakat Majemuk

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *