Peringati Hari Sukarelawan PMI, Ini yang Dilakukan PMI Kota Pontianak


mimbaruntan.com, Untan Dalam rangka memeringati Hari Sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) yang jatuh pada tanggal 26 Desember, PMI Kota Pontianak mengadakan Aksi Bansir Kreatif di Kampung Bansir II Pontianak, Senin (26/12). Kegiatan ini berupa penanaman pohon, membersihkan lingkungan sekitar dan mempercantik pagar pemakaman.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB ini dihadiri dan dibuka oleh Edi Rusdi Kamtono Wakil Walikota Pontianak. Selain itu, turut hadir para relawan PMI Kota Pontianak, Program Kota Tanpa Kumuh  (Kotaku) Pontianak, KKN Tematik Untan dan masyarakat setempat.

Lusi Nuryanti selaku Sekretaris PMI Kota Pontianak mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggugah rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.”Lebih kepada kita ingin meggugah rasa kepedulian lingkungan, karena PMI selalu di identikkan dengan donor darah dan penanggulangan bencana, nah ini juga salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Ia juga menambahkan, dengan membersihkan kawasan pemakaman maka tempat tersebut tidak akan dipandang menyeramkan. ”Kuburan bukan tempat yang angker (menyeramkan-red), tetapi taman yang tadinya gersang yang hijau karena rumput tetapi hijau karena pohon-pohon yang rimbun,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Umi Latifah perwakilan Program Kotaku. Ia mengatakan, melalui kegiatan ini nantinya kuburan bukan lagi tempat yang angker dan menyeramkan tetapi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kan biasanya kalau anggapan di kuburan itu angker dan tidak asyik, tetapi disini kami ingin memunculkan suatu konsep lingkungan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, mereka bisa nyantai juga di sini karena di sini juga ditanami pepohonan dan kita cat juga agar kesannya lebih cerah,” tuturnya.

Ridho salah satu peserta aksi dari KKN Tematik Untan mengatakan bahwa melalui kegiatan ini dapat menciptakan kesadaran masyarakat akan lingkungan mereka. ”Kami ingin menciptakan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar rumah mereka supaya menjadi indah,” katanya.

Aksi ini pun menuai respon dari warga setempat. Salah satu tokoh masyarakat Kampung Bansir II Syarif Ahmad Al-Kadrie mengungkapkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan PMI Kota Pontianak ini positif. ”Kegiatan ini memang positif saya banyak mengucapkan banyak terima kasih pada warga kampung ini dan PMI yang membersihkan kuburan, menanam pohon dan melakukan pengecatan-pengecatan ,kami sebagai warga mengucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Ia berharap, semua kuburan di Bansir II dan III dapat dibersihkan. ”Ya harapannya kami, kalau dapat ye semua kuburan yang ada di Bansir Dua ini maupun di Bansir Tiga itu kalau dapat tiap minggu ataupun sebulan sekali dapat dilakukan pembersihan, itu harapan kami,” harapnya.

 

Penulis : Fikri Rizki Firdaus

Editor   : A.Rahman

 

 

 

 

Previous Mengurangi Penumpukan Sampah, Prodi Teknik Lingkungan FT Untan Bentuk Organisasi Gaspull
Next Edi Rusdi Kamtono: Kegiatan Peduli Lingkungan Harus Dikembangkan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *