Peran Penting PWK Dalam Pembangunan Wilayah dan Kota


google.com

mimbaruntan.com, Untan – Fakultas Teknik (FT) Universitas Tanjungpura (Untan) pada tahun 2013 telah membentuk Program studi (Prodi) teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Menurut Gusti Zulkifli Mulki selaku ketua Prodi teknik PWK FT Untan, mengatakan bahwa PWK ini memiliki peran yang sangat penting dalam membangun suatu wilayah dan kota agar terhindar dari bencana.

“Ilmu PWK mempunyai peran penting dalam pembangunan suatu wilayah dan kota agar tetap aman dan terhindar dari bencana. Maka tugas perencana adalah menentukan peletakan lokasinya dengan benar,” ungkap Gusti Zulkifli Mulki kepada reporter Mimbar Untan, Kamis (6/1).

Ia mengatakan, keberadaan seorang perencana dibutuhkan untuk mencegah terjadinya bencana dan memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi bencana.

“Jika tidak ada seorang perencana dapat terjadi suatu kesalahan peletakan lokasi, misalnya ketika suatu kota dibangun tanpa perencana kemudian kota itu dikembangkan menjadi kota besar, padahal daerah itu rendah dan kalau hujan selalu mengarah kedaerah tersebut,” pungkasnya.

Gusti sangat berharap dengan adanya PWK bisa membuat kota-kota yang direncanakan menjadi lebih tangguh. “Harapan kedepannya kota-kota yang direncanakan harus tangguh dalam menghadapi bencana. Kasus bencana seharusnya nanti tidak terjadi lagi dan itu tugas PWK ya memikirkan hal tersebut,” tegasnya.

Penulis : Sekar A.M.
Editor : Dadang Ms

Previous Mempererat Tali Silaturahmi, Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Untan Gelar Turnamen Futsal
Next Sosok Melda dalam Aksi Bela Rakyat

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *