Lewat Novel, Sukarni Sampaikan Nilai Budaya Suku Kebahan


peluncuran buku sukarni di skre forsas kalbar
peluncuran buku sukarni di skre forsas kalbar

mimbaruntan.com, Untan – Sukarni yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) asal Nanga Pinoh Kabupaten Melawi telah meluncurkan novel keduanya di Sekretariat Forum Sastra (Forsas) Kalbar Jalan Putri Candramidi Pontianak, Minggu (22/1). Novel kedua yang ditulisnya ini berjudul “Janji Suci Wanita Kebahan”.

Sukarni yang akrab dipanggil Ayang ini mengatakan bahwa Suku Kebahan merupakan salah suku yang ada di Nangah Pinoh. Ia juga menjelaskan, buku (novel) setebal 216 halaman tersebut didalamnya terdapat banyak pesan yang disampaikan untuk generasi bangsa kedepannya serta menonjolkan nilai kebudayaan yang bersifat tradisional. “Cerita ini latar belakangnya bukan hanya masalah, tapi juga menonjolkan kebudayaan Suku Kebahan yang bersifat tradisional,” katanya.

Peneliti Sejarah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Yusriadi mengungkapkan bahwa novel yang ditulis oleh Sukarni ini banyak memberikan informasi menarik seperti budaya lokal Suku Kebahan.“Saya juga melihat bahwa karya ini merupakan karya yang penting yang memberikan informasi,” ungkapnya.

 

Penulis: Suryansah

Editor  : A.Rahman

 

 

Previous Meriahkan Seminar Budaya, BSF Untan Tampilkan Parodi 5 Kg
Next Kerjasama dengan Exeter University, Mahasiswa Fakultas Kehutanan Ini Diutus ke Kaltara

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *