Persiapan Masuk Dunia Kerja, Mahasiswa Bidikmisi dan Untan Mandiri 2013 Berlatih Interview dan Membuat CV


mimbaruntan.com, Untan – Sebanyak 300 mahasiswa Universitas Tanjungpura (untan) penerima beasiswa Bidikmisi dan Untan Mandiri angkatan 2013 mengikuti pelatihan Interview dan pembuatan CV yang diadakan oleh Comdev & Outreaching Untan di Aula Meranti Fakultas Kehutanan Untan, Minggu (26/2).

Faizal selaku ketua panitia menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa dalam membuat CV untuk melamar pekerjaan. “ini sebagai pembekalan bagi mereka yang hampir lulus, karena mereka yang ikut inikan semester delapan dan setelah ini mereka langsung masuk ke dunia kerja, jadi kita bekalkan terlebih dahulu pembuatan CV untuk melamar kerja dan juga interview bagaimana sih trik-trik menghadapi interview itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, harapan kedepan bagi para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mengetahui pembuatan CV dan Interview yang baik. “Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, mereka langsung membuat CV sendiri dengan kreatif, ndak hanya yang formal seperti beli di toko-toko saja, dan untuk menghadapi wawancara diharapakan mereka ndak lagi grogi atau bingung apa yang mau dijawab, jadi mereka udah tau pertanyaan apa saja yang akan dilontarkan,” pungkasnya.

Ramadania selaku pemateri mengungkapkan bahwa dalam pembuatan CV yang baik dan benar itu mereka harus menggambarkan diri mereka yang sesungguhnya, sehingga ketika orang membaca CV tersebut seperti melihat siapa dirinya yang sebenarnya. “Yang utama di dalamnya adalah data pribadi, data pendidikan formal maupaun non formal yang kita ikuti, pengalaman organisasi kemudian pengalaman lain yang kita ikuti, misalnya kemampuan bahasa Inggris, komputer atau kemampuan lain yang dimiliki sekiranya bisa mendukung bahwa kita adalahy orang yang tepat untuk diterima dalam sebuah perusahaan tersebut ,“ tuturnya.

Ramahadania juga menambahkan bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja, maka yang dicantumkan itu minimal pernah mengikuti suatu pelatihan untuk menambah isi CV-nya. “memang sebaiknya mahasiswa ini sedikit banyak harus pernah mengikuti organisasi. Karena biasanya orang-orang yang punya pengalaman organisasi itu di dunia kerja, dia cepat berkembang daripada orang yang tidak memiliki pengalaman organisasi,” tutupnya.

 

Penulis : Dadang MS

Editor : Adi Rahmad

Previous Angga Safriadi Ketua Himbun Terpilih
Next Keluarga Blogger Pontianak Adakan Kopdar ke-2 di Tahun 2017

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *