Tuntut Penuntasan Kasus Novel Baswedan, Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi Kalbar Gelar Aksi solidaritas


Ilustrasi Aksi Solidaritas untuk Novel Baswedan
Ilustrasi Aksi Solidaritas untuk Novel Baswedan

Mimbaruntan.com, Untan – Serangan pelemparan air keras yang di terima oleh Novel Baswedan pada selasa dini hari kemarin mendapat kecaman oleh banyak orang. Hal itu tampak juga dari Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi Kalbar yang melakukan aksi pada Rabu pagi (12/04) di bundaran Digulis. Mereka mendesak 7×24 jam kepada kepolisian untuk melakukan penangkapan pelaku penyiraman air keras pada Novel Baswedan.

Aksi Ini juga di hadiri oleh perwakilan Komisi Yudisial perwakilan Kalbar, Budi Darmawan. “Kita meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera menuntaskan dan menangkap pelaku yang selama ini sudah melakukan teror atau mereka yang berada di balik para koruptor ini, Catatan kita dari Kalimantan Barat untuk Indonesia,” ungkapnya saat berorasi.

Koordinator Aksi, Muhammad Lutarif juga menghimbau kepada media untuk terus mengikuti perkembangan kasus penyerangan Novel agar masyarakat mendapatkan informasi terkini. “Kita berharap kepada kawan-kawan media untuk terus memonitor persoalan ini, sehingga menjadi sebuah informasi yang bisa di akses oleh masyarakat di seluruh indonesia,” ucap Korlap aksi, Muhammad Lutarif

Aksi dari Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi Kalbar yang di ikuti oleh Gemawan, Kontak Rakyat Borneo, LPS AIR, AJI Pontianak, KRC2, GMNI Pontianak, Swandiri Institute, SPAK, PPSW Borneo, PEKA, SPBK, SAKsi, Komparasi Kalbar, JARI Borneo Barat, WWF Kalbar, FP3, KIPP. Adapun tuntutan yang mereka suarakan saat aksi adalah sebagai berikut :

1. Melaknat tindakan biadab dan premanisme yang dialami Novel Baswedan.

2. Mendesak Kepolisian untuk mengusut tuntas kasus yang dialami oleh Novel Baswedan.

3. Mendesak Presiden memerintahkan Kapolri untuk memprioritaskan pengusutan dan penuntasan kasus ini dalam jangka waktu paling lambat 7×24 jam.

4. Mendesak Presiden melalui Kapolri dan Pimpinan KPK memberikan jaminan keamanan kepada semua staff KPK dalam mengungkap kasus-kasus yang sedang ditangani.

5. Menuntut DPR memberikan dukungan politik dalam penuntasan kasus ini, dan memperkuat fungsi KPK sebagai ujung tombak pemberantasan Korupsi, bukan malah ikut melemahkan.

6. Kepada seluruh legislator dan senator dapil kalbar untuk bersikap tegas dan konsisten dalam upaya pemberantasan korupsi.

 

 

Penulis : Lola Prianti

Editor : Wirza Rachman

Previous Kolaborasi Dua Prodi, Tim Futsal HMF Untan Tempati Posisi Terbaik Kedua
Next Penyerangan Terhadap Novel Baswedan, Abu Mas’ud : Ini Adalah Bentuk Pelemahan Instansi Hukum

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *