Peringati HKPMS, Ini yang Dilakukan KSR PMI Untan


KSR PMI Untan menyelenggarakan salah satu kegiatan untuk memeringati HKPMS ke17 di gedung Anex Untan. Tema dari penyelenggaraan ini ialah "Bukti Nyata Kami Untuk Kemanusiaan"
KSR PMI Untan menyelenggarakan salah satu kegiatan untuk memeringati HKPMS ke17 di gedung Anex Untan. Tema dari penyelenggaraan ini ialah "Bukti Nyata Kami Untuk Kemanusiaan"

mimbaruntan.com, Untan – Dalam rangka memeringati Hari Kesehatan dan Palang Merah Sedunia (HKPMS), Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Untan mengadakan berbagai kegiatan dan perlombaan seperti Madya Competition, Youth Camp Wira, Upacara Ceremonial, Donor Darah, dan Bakti Sosial. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 15 Mei 2017 mendatang.

KSR PMI Untan pun telah melaksanakan perlombaan Madya Competition tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di tiga Kabupaten/kota yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah, 22-23 April 2017 lalu. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut berlangsung di Gedung Anex Untan.

Reno Pati selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan Madya Competition memiliki beberapa rangkaian, yaitu Lomba Tempat Sampah Kreatif, Lomba Pensi, senam, Lomba Asal Terampil (LAT), Lomba LXHD dan Lomba Desain Poster. “Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 280, itu ada dua belas sekolah dan dua puluh delapan tim. Untuk di Pontianak itu sendiri ada delapan sekolah, dan sisanya itu dari Mempawah dan Kubu Raya,” ungkapnya.

Reno menjelaskan, HKPMS merupakan Program Kerja dari KSR PMI Untan yang selalu diselenggarakan setiap tahunannya, yang mana pada tanggal 7 April 2017 merupakan hari kesehatan, dan kemudian pada tanggal 8 Mei 2017 mendatang  adalah hari palang merah sedunia. “Jadi tahun ini yang ke-XVII tahun. KSR Untan mengadakan perlombaan setiap tahunnya untuk tingkatan PMR SMP se-Kota Pontianak, Mempawah dan Kubu Raya, serta PMR Wira nya se-Kalbar,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Reza Andriani selaku Sekretaris KSR PMI Untan. HKPMS ini, ujar Reza, merupakan program kerja KSR PMI Untan yang sudah dilaksanakan untuk ke 17 kalinya. “Kita pengennya ada temu kangen PMR Kota Pontianak, Mempawah dan Kubu Raya, mereka ini kan belum saling kenal nih satu sama lain. Nah kenapa ini dibilang temu kangen, karena kita ini relawan, bagian dari PMI. Jadi setiap relawan itu harus kenal,” katanya.

Untuk itu, lanjut Reza, dalam hal ini sangat berharap di tahun selanjutnya peserta di tingkat Kabupaten/kota bisa bertambah lebih banyak, dan pihak sekolah mengizinkan mereka untuk ikut kegiatan. “Menurut saya, KSR itu positif juga untuk kehidupan sehari hari, karena mereka ini kan tau cara pertolongan pertama,” tambahnya.

Satu diantara pembimbing peserta yang berasal dari SMP Negeri 2 Mempawah Hilir Riska mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan selalu ditunggu. “Sejak Januari 2017 kami memang sudah mempersiapkan mau ikut perlombaan ini. Dan untuk kegiatan ini saya nilai sangat luar biasa,” tuturnya.

Ia berharap kedepannya KSR PMI Untan tidak hanya sekadar mengadakan kegiatan HKPMS saja, akan tetapi kata Rika, kalau bisa ada kegiatan lain juga yang bisa diperingati bersama di Untan. “Buat madyanya mungkin lebih ditambah lagi jak perlombaannya biar lebih terasa kompetisinya gitu, soalnya disinikan kompetisinya cuma lima perlombaan saja,” harapnya.

 

Penulis : Dadang Ms

Editor    : A.Rahman

Previous Himsera Bagikan Bunga di Hari Kartini
Next Himatika Fmipa Untan Selenggarakan KOMET Ke-13

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *