Himatika Fmipa Untan Selenggarakan KOMET Ke-13

mimbaruntan.com, Untan – Sebanyak 140 pelajar SMA/MA/SMK se-Kalimantan Barat mengikuti seleksi Kompetisi Matematika (Komet) ke-13 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FMIPA Untan, Sabtu (22/4). Kegiatan tersebut juga terdiri-dari Mathematic On the Paper (MOP) dan Alat Peraga Matematika (GAMMA) yang diselenggarakan di Aula Kodam Daerah Militer XII/Tanjungpura.

mimbaruntan.com, Untan – Sebanyak 140 pelajar SMA/MA/SMK se-Kalimantan Barat mengikuti seleksi  Kompetisi Matematika (Komet) ke-13 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FMIPA Untan, Sabtu (22/4). Kegiatan tersebut juga terdiri-dari Mathematic On the Paper (MOP) dan Alat Peraga Matematika (GAMMA)  yang diselenggarakan di Aula Kodam Daerah Militer XII/Tanjungpura.

Komet atau kompetisi matematika adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh HIMATIKA FMIPA Untan. Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2004 kini telah menginjak tahun ke 13 dengan berbagai tambahan kompetisi lain seperti MOP dalam hal karya tulis serta GAMMA yang berangkat dari aplikasi matematika dalam kehidupan yang kini termasuk dalam rangkaian Komet.

Hendri selaku ketua HIMATIKA menjelelaskan mengenai kegiatan Komet yang merupakan program unggulan dari HIMATIKA khususnya pada bidang akademik. Kegiatan yang ditujukan untuk para siswa ini dengan tujuan untuk pengembangan potensi siswa serta memperkenalkan nama fakultas MIPA. “Tujuannya untuk mengembangkan potensi siswa baik itu dalam karya tulisnye seperti kegiatan MOP juga sehingga mereka mengukir sebuah karya, sekaligus untuk mengenalkan fakultas dan jurusan sehingga mereka tertarik untuk masuk jurusan matematika khususnya,”jelasnya (25/4).

Mursalin selaku panitia Komet ke-13 menjelaskan mengenai tahapan seleksi Komet ke-13. “Tahapan Komet ke-13 sendiri terbagi menjadi dua tahap besar yaitu tahap pertama seleksi tingkat daerah masing-masing dan seleksi ke dua tingkat se-Kalimantan Barat yang diikuti 14 Kabupaten,”jelasnya (22/4).

Ia juga memaparkan mengenai proses dan penyelenggaraan tahapan seleksi Komet ke-13 yaitu tahap pertama seleksinya dilaksanakan di daerah masing-masing dengan pengumpulan peserta yang sebanyak-banyaknya dan diambil 10 besar peserta terbaik yang akan diseleksi kembali se- Kalimantan Barat. Selanjutnya tahap ke dua merupakan seleksi tingkat se-Kalimantan Barat yang  dilaksanakan di Pontianak dengan diikuti 140 peserta dari 14 Kabupaten yang seleksi kembali menjadi 50 besar. Kemudian diseleksi kembali melalui soal pernyataan diambil 20 besar. Lalu dilanjutkan dengan 20 besar tersebut diseleksi kembali menjadi 5 besar dengan soal esai panjang dan diseleksi kembali hingga 3 besar dengan LCT. Hingga pada akhirnya diseleksilah hingga sampai penentuan juara 1,2 dan 3 dengan tes soal amplop dan presentasi.

Ia juga mengungkapkan kembali mengenai tiga peserta terbaik komet ke-13 akan masuk MIPA tanpa tes melalui jalur mandiri. ”Untuk seleksi tahun ini peserta tiga terbaik yaitu dari SMAK Immanuel dan mereka bisa masuk Fakultas MIPA UNTAN melalui jalur mandiri tanpa tes,”tutupnya (22/4).

 

Penulis: Riduansyah

Editor : Adi R.

Previous Peringati HKPMS, Ini yang Dilakukan KSR PMI Untan
Next Tutup Komet Ke 13, Ini Yang Diadakan Himatika Fmipa Untan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *